Sukses

Pipa Pertamina Bocor, Ratusan Warga Blora Girang Panen BBM di Selokan

Warga Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, beramai-ramai mengambil minyak Pertamina yang bocor ke selokan.

Liputan6.com, Blora - Ratusan warga Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, beramai-ramai mengambil minyak mentah yang mengalir di selokan, Selasa malam (15/3/2022). Minyak mentah itu berasal dari pipa distribusi milik Pertamina yang mengalami kebocoran.

Seorang warga Kecamatan Sambong, Rahmat mengungkapkan, pipa minyak tersebut bocor sejak Selasa sore sekitar pukul 15.10 WIB. Saat itu, dirinya hendak beli bahan bakar minyak (BBM) di SPBU Sambong mencium bau minyak saat melintasi jalan raya.

"Setelah saya cek, ternyata air selokan berwarna hitam bercampur minyak," ujar Rahmat.

Mengetahui adanya minyak mentah yang mengalir di selokan, warga beramai-ramai membawa jeriken untuk panen BBM. Mereka terlihat menyaring minyak bercampur air dengan peralatan seadanya seperti kaleng dan botol air mineral.

"Lumayan sudah dapat sepuluh liter. Rencananya untuk bediang (bakar-bakar)," ucap Setiyono, warga Desa Gadu, Kecamatan Sambong.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penjelasan Pertamina

Humas Pertamina EP Zona 11 Regional 4, Sony Aditya saat dikonfirmasi membenarkan adanya pipa minyak yang bocor. Hingga malam tadi, pihak Pertamina masih melakukan penanganan.

"Iya, kita lagi fokus penanganan," kata Sony melalui selular.

Sony belum menjelaskan secara rinci penyebab bocornya pipa minyak tersebut. Sebatas diketahui, terdapat enam unit mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan untuk bersiaga di sepanjang jalan nasional Blora-Bojonegoro tepatnya di Desa Pojokwatu, Kecamatan Sambong.

Perkiraan sementara, pipa Pertamina yang bocor tersebut berasal dari pipa Ledok Sambong atau Nglobo menuju ke arah MGS Menggung Pertamina EP Field Cepu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.