Sukses

Datang ke IKN Nusantara, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi Bawa Tanah Deli

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi memenuhi undangan dari Presiden Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi untuk hadir di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Liputan6.com, Samarinda Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi memenuhi undangan dari Presiden Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi untuk hadir di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Dalam keterangan diperoleh Liputan6.com, Senin (14/3/2022), Gubernur Edy membawa 2 kilogram tanah dan 1 liter air dari daerah Sumut untuk prosesi pengisian Kendi Nusantara di lokasi IKN, Kalimantan Timur (Kaltim).

Edy Rahmayadi tiba di Bandara International Aji Panggeran Tumenggung, Samarinda, Minggu, 13 Maret 2022, mengatakan, membawa tanah Deli, tepatnya tanah pemandian Putri Hijau yang terletak di Namorambe, Deli Tua, Kabupaten Deli Serdang.

"Saya ambil dari tanah Deli, karena itu pusat awal Ibu Kota Sumut, ada sejarahnya, makanya saya bawa tanah dan air Deli. Semoga memberikan kebaikan bagi ibu kota negara yang baru," ucapnya.

Edy Rahmayadi mendoakan agar proses pembangunan IKN Nusantara berjalan dengan lancar, tanpa hambatan dan memberi berkah kepada rakyat Indonesia.

"Itu cita-cita, semoga membesarkan bangsa kita, dan bangsa kita lebih dipandang lagi, serta menjadikan kebanggan seluruh rakyat Indonesia," ungkapnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alasan Bawa Tanah Deli

Kepala Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Provinsi Sumut, Basarin Yunus Tanjung mengatakan, Gubernur Sumut membawa tanah Deli karena dari zaman dahulu sudah terkenal akan tanahnya yang subur dan bagus.

"Tembakau yang sangat dikenal dunia dahulu itu, tumbuh di tanah Deli, makanya namanya tembakau Deli. Seluruh dunia telah mengakui tembakau Deli, diekspor keluar negeri," ucapnya.

3 dari 4 halaman

Diharapkan Berdampak Positif

Basarin yang turut mendampingu Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, berharap semoga tanah Deli memberikan dampak yang positif bagi pembangunan IKN Nusantara ke depan.

"Harapan kita bersama," tandasnya.

4 dari 4 halaman

Diundang Jokowi

Jokowi mengundang para gubernur seluruh Indonesia dalam kegiatan berkemah di IKN Nusantara pada 13 hingga 14 Maret 20222. Para gubernur juga diminta membawa 1 liter air dan 2 kilogram tanah dari masing-masing daerah ke lokasi IKN.

Air dan tanah dari berbagai daerah akan dijadikan satu di dalam Kendi Nusantara yang terbuat dari tembaga di lokasi IKN.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.