Sukses

Kado Manis Perayaan Ulang Tahun ke-26 PTPN V, Laba Tertinggi di Indonesia

Mengawali tahun 2022, PT Perkebunan Nusantara V mencatat laba tertinggi sejak perusahaan berdiri yaitu Rp1,3 triliun dan merupakan tertinggi di anak perusahaan Holding Perkebunan Nusantara III.

Liputan6.com, Pekanbaru - Mengawali tahun 2022, PT Perkebunan Nusantara V mencatat laba tertinggi sejak perusahaan berdiri yaitu Rp1,3 triliun. Dengan angka tersebut, PTPN V menjadi satu-satunya anak perusahaan Holding Perkebunan Nusantara III (Persero) yang mampu mencapai target produksi pada tahun ini.

Menurut Chief Executive Officer PTPN V, Jatmiko Santosa, capaian ini menjadi kado terindah dalam perayaan ulang tahun ke 26. Diapun bangga dengan seluruh karyawan dan mengucapkan terimakasih karena ini menjadi pembeda dengan yang lain.

"Ini tercapai karena menjunjung tinggi kejujuran dan validitas data sehingga mendapatkan laba sejak PTPN V berdiri," kata Jatmiko, Sabtu, 13 Maret 2022.

Jatmiko menyadari kinerja satu bulan belum bisa menjadi acuan kinerja perusahaan selama setahun mendatang. Namun begitu, ia tetap percaya bahwa dengan konsistensi dan persistensi dalam melaksanakan transformasi yang diusung dalam tiga tahun terakhir telah membuat PTPN V menjadi perusahaan berbeda di mata seluruh stakeholder.

Sebelumnya, PTPN V bersama dengan seluruh anak perusahaan Holding Perkebunan Nusantara III (Persero) merayakan HUT serentak ke 26 pada 11 Maret 2022. Perayaan juga dilaksanakan di Joglo Bale Nusantara berkonsep ruang terbuka, Kantor Direksi PTPN V, Jalan Rambutan, Kota Pekanbaru.

Berlangsung secara sederhana, mengedepankan protokol kesehatan dan sebagian karyawan mengikuti secara daring, pria yang sudah tiga tahun menahkodai PTPN V ini berharap usia 26 menjadi cukup dewasa mencatatkan kinerja prima.

"Inovasi-inovasi PTPN V dalam tiga tahun ini, apakah itu kebijakan-kebijakan operasional, program sawit rakyat, dekarbonisasi, digitalisasi NBEX, Millena, Olidos, Intank, Alhamdulillah telah menjadi pattern dan dijadikan contoh holding perkebunan Nusantara," paparnya.

Inovasi ini membuat PTPN V mengukir ragam prestasi. Misalnya penghargaan sebagai perusahaan tergesit tahun 2021 dari perusahaan holding, selanjutnya pengakuan dari Menteri BUMN Erick Tohir.

"Bahkan Pak Menteri BUMN sendiri secara langsung di Sei Galuh tanpa ragu menyampaikan bahwa program yang telah kita gulirkan adalah program-program luar biasa dan berdampak positif terhadap ekonomi petani," urainya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerja Keras

Jatmiko menyebut prestasi itu tidak datang secara tiba-tiba, melainkan buah dari hasil kerja keras, integritas, dan komitmen. Diapun mengingatkan karyawan tidak jumawa, selalu introspeksi diri dan bermuhasabah.

"Terima kasih sahabat-sahabat serikat pekerja, terima kasih saudara-saudaraku tercinta, atas segala upaya, segala niat baik dan segala bukti nyata bersungguh-sungguh melakukan perbaikan di segala lini," kata Jatmiko.

Sementara itu, Komisaris Utama PTPN V, Fauzi Yusuf mengakui perusahaan di bawah direksi saat ini berada pada level berbeda. Diapun meminta PTPN V terus berlari dan melakukan terobosan serta inovasi agar menjadi perusahaan maju.

"Insan PTPN V hari ini adalah mereka yang memiliki mental juara, di hari ulang tahun ini, saya berharap PTPN V dapat mencapai kemajuan dari waktu ke waktu," imbaunya.

Dalam peringatan HUT PTPN V yang ke-26 ini turut diselenggarakan penyerahan penghargaan yang diberikan kepada Unit Bisnis (Distrik), Unit Usaha (Kebun/PKS), Unit Kerja (Afdeling, Bidang Administrasi Tata Usaha, Bidang Administrasi Personalia), Mandor I Tanaman, Mandor Panen dan Deres serta Pemanen dan Penderes terbaik yang telah meraih prestasi dalam pencapaian kinerja sepanjang tahun 2021.

Pemberian penghargaan ini merupakan salah satu wujud dari komitmen manajemen perusahaan dalam menerapkan sistem reward and punishment secara berkesinambungan.

Ini juga bagian implementasi prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) di lingkungan perusahaan. Para penerima penghargaan kinerja terbaik pun berhak mendapatkan hadiah berupa uang tunai, plakat, serta cinderamata.

Selain itu, perusahaan turut memberikan penghargaan masa kerja kepada 1.067 karyawan yang telah mengabdi selama 35 tahun, 30 tahun, 25 tahun, dan 20 tahun.

Tidak hanya itu, dalam kesempatan yang sama PTPN V turut menyalurkan beragam bantuan sosial secara simbolis berupa penyaluran 2,6 ton sembako kepada 26 panti asuhan di sekitar unit usaha perusahaan, 26 unit perangkat komputer berikut akses internet gratis selama satu tahun ke sejumlah sekolah di pedalaman, hingga 26.000 bibit ikan kepada UMKM dan kelompok disabilitas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.