Sukses

Pesan Ibunda Saat Gusti Bhre Dikukuhkan Jadi KGPAA Mangkunegara X

Gusti Pangeran Haryo (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo resmi menjadi Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X melalui prosesi pengukuhan yang dilaksanakan di Pura Mangkunegaran Surakarta

Liputan6.com, Solo - Gusti Pangeran Haryo (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo resmi menjadi Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X melalui prosesi pengukuhan yang dilaksanakan di Pura Mangkunegaran Surakarta, Sabtu.

Berdasarkan pantauan di Solo, Sabtu, prosesi pengukuhan dimulai pada pukul 10.00 WIB. Bhre yang mengenakan bawahan berupa kain batik bermotif parang dengan atasan beskap hitam dikukuhkan langsung oleh ibundanya Prameswari Dalem Gusti Kanjeng Putri Mangkunegara IX.

Sedangkan ibunda Bhre mengenakan kebaya berwarna biru dengan riasan wajah sederhana.

Sebelum pengukuhan, beberapa laki-laki dan perempuan muda berpakaian khas Jawa menaiki bagian pendopo Pura Mangkunegaran dengan membawa sejumlah pusaka milik Mangkunegaran.

Pada pengukuhannya, istri KGPAA Mangkunegara IX tersebut meminta agar putra bungsunya itu selalu memberikan ketenteraman bagi Pura Mangkunegaran.

Selanjutnya, prameswari dalem menyerahkan piagam pengukuhan kepada Bhre di hadapan ratusan tamu yang hadir.

Pada kesempatan itu, Bhre berjanji selalu melestarikan budaya yang selama ini berjalan di Pura Mangkunegaran.

"Secara tulus juga akan menegakkan Pancasila dan UUD 1945," katanya.

Beberapa tamu yang terlihat hadir, di antaranya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa, serta perwakilan dari sejumlah Keraton Mataram.

Penulis: Khazim Mahrur

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.