Sukses

Jurus Mutakhir Melindungi Anak-Anak saat Pandemi Covid-19

Siloam Hospitals Yogyakarta berbagi jurus melindungi anak-anak saat pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Yogyakarta - Siloam Hospitals Yogyakarta berbagi jurus melindungi anak-anak saat pandemi Covid-19. Kegiatan yang bertepatan dengan peringatan Hari Perempuan Internasional itu menjadi bagian dari program edukasi bincang sehat Siloam Hospitals Yogyakarta bertajuk Lindungi Buah Hati Kala Hadapi Pandemi, Selasa (8/3/2022).

Menurut dokter spesialis anak Siloam Hospitals Yogyakarta Putu Diah Pratiwi, orangtua harus menjaga kesehatan fisik dan mental anak, termasuk pemenuhan asupan nutrisi dari sumber makanan bergizi dan menjaga kecukupan asupan cairan bagi anak selama masa pandemic.

“Termasuk mengikuti vaksinasi yang menjadi pencegahan terbaik saat ini,” ujarnya, dalam siaran pers Siloam Hospitals Yogyakarta.

Ia mencontohkan, anak usia dua tahun dijaga kesehatannya tanpa bermasker melalui lingkungan rumah yang sehat, ventilasi yang baik, serta asupan nutrisi sesuai usia, tak terkecuali asupan ASI. Sementara, istilah istirahat bermasker, untuk usia tiga tahun dapat dilakukan pada kondisi seperti, tidur dan berada pada ruangan yang sehat.

"Perilaku orang tua serta orang di lingkungan rumah akan menjadi contoh pertama bagi sang buah hati dalam pembentukan perilaku,” ucapnya.

Untuk anak usia sekolah dengan skema pembelajaran tatap muka, orangtua bisa menerapkan protokol kesehatan dengan menyiapkan bekal makanan dan minuman dari rumah, menyiapkan masker pengganti, dan sebagainya. Sekolah pun juga harus berkomunikasi dengan orangtua serta menyiapkan sarana belajar dengan protokol kesehatan ketat, seperti ventilasi, sirkulasi udara dan durasi interaksi.

Terkait keperluan jadwal imunisasi rutin yang harus dilakukan di rumah sakit, dapat disikapi dengan pedampingan dan penerapan protokol kesehatan yang benar pada saat keluar rumah. Orangtua juga bisa memanfaatkan layanan reservasi untuk imunisasi rutin termasuk layanan imunisasi drive thru (dalam kendaraan) yang juga telah dilakukan di seluruh Siloam Hospital di tanah air.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.