Sukses

Kilang Minyak Pertamina Balikpapan Terbakar, Asap Mengepul Tinggi

Asap tebal disertai api tiba-tiba membesar di area kilang minyak Balikpapan, pada Jumat (4/3/2022).

Liputan6.com, Balikpapan - Kilang minyak Pertamina Balikpapan terbakar pada Jumat (4/3/2022) pagi sekitar pukul 10.30. Wita. Peristiwa itu sempat membuat geger warga dan pengguna jalan di kawasan Panorama Kelurahan Karang Jati, Balikpapan Tengah. 

Andri, seorang warga menyebutkan, api tiba-tiba membesar di daerah area dalam kilang minyak. “Saya lagi jualan di sini, saya liat api tiba-tiba membesar. Ramai warga yang berhenti untuk menonton kebakaran itu,” kata Andri, yang sehari-hari menjual es di luar area kilang minyak, pada Jumat (4/3/2022).

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Asap Mengepul

Warga lainnya Kamarudin menyebutkan peristiwa kebakaran ini dapat dilihat jelas dari pemukiman warga sekitar lantaran api terlihat besar dan asap mengepul.

"Iya awalnya saya kaget kok ada asap tebal, terus pas saya lihat ternyata kebakaran di dalam (kilang)," timpalnya.

Dari pantauan media ini, sejumlah warga dan pekerja proyek Pertamina ini juga turut menyaksikan peristiwa kebakaran tersebut. Meski tak lama kemudian pihak petugas keamanan meminta warga untuk tidak mengabadikan gambar dari area tersebut.

3 dari 3 halaman

Pernyataan Pertamina

Dikonfirmasi kepada Manager Communications, Relations & CSR PT Kilang Pertamina Internasional (KPI), Ely Chandra Peranginangin membenarkan kejadian tersebut. Hanya saja saat ini timnya sedang melakukan penanganan

"Ya bang, lokasi dalam perimeter kilang dan tim sedang penanganan. Warga tidak perlu khawatir," pungkas Ely.

Sekira pukul 11.05 Wita petugas pemadam kebakaran dari internal Pertamina langsung melakukan pemadaman. Semprotan pemadam kebakaran menggunakan foam terlihat dari kejadian disemprot ke arah titik kebakaran. Hingga pukul 11.53 Wita asap tebal masih terlihat di lokasi kebakaran. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini