Sukses

Ada Hantu Penarik Kaki Pendaki, Ini Deretan Misteri Gunung Rinjani

Percaya atau tidak soal misteri Gunung Rinjani, tetapi kejadiannya sering dialami oleh pendaki.

Liputan6.com, Mataram - Kalangan pendaki sudah tak asing lagi dengan Gunung Rinjani. Gunung yang masuk ke daftar 7 Summit Indonesia ini terkenal dengan keindahannya yang memukau. Jerih payah pendaki selama perjalanan akan terbayar lunas di puncak Rinjani yang memiliki tinggi 3.726 mdpl.

Sama halnya dengan gunung-gunung lain di Indonesia, Gunung Rinjani yang berada di Nusa Tenggara Barat (NTB) juga dipercaya memiliki kisah misteri yang belum terpecahkan. Kejadian-kejadian di luar nalar kerap kali dialami oleh para pendaki.

Percaya atau tidak soal misteri Gunung Rinjani, tetapi kejadiannya sering dialami oleh pendaki. Melansir berbagai sumber, berikut adalah deretan misteri Gunung Rinjani.

Kisah Dewi Anjani

Berbicara tentang Gunung Rinjani memang tidak bisa dipisahkan dengan kisah Dewi Anjani. Konon, Dewi Anjani adalah sosok yang menjadi penunggu gunung terindah di Pulau Lombok ini.

Dewi Anjani adalah seorang putri raja yang memiliki paras cantik nan jelita. Ia jatuh cinta dengan rakyat biasa. Namun, keinginan Dewi Anjani ditentang oleh sang raja.

Singkat cerita, Dewi Anjani pun bersemedi di gunung. Jin-jin di gunung tersebut mengangkat Dewi Anjani sebagai penguasa Gunung Rinjani. Istana Dewi Anjani dipercaya berada di Segara Muncar yang merupakan kawah di Gunung Rinjani.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mitos Umur di Segara Anak

Gunung Rinjani memiliki danau dengan keindahan yang menakjubkan yakni Danau Segara Anak. Tidak sedikit para pendaki yang mengabadikan momennya dengan berswafoto di dekat danau ini.

Lepas dari itu, ternyata Danau Segara Anak juga mempunyai mitos tersendiri. Konon, jika melihat Segara Anak adalah danau yang luas, maka dipercaya memiliki umur yang panjang.

Begitu pun sebaliknya, jika melihat Segara Anak sempit, maka dipercaya umurnya sebentar lagi. Kendati demikian, sebagian orang masih percaya bahwa umur ditentukan oleh Yang Maha Kuasa.

3 dari 3 halaman

Hantu Penarik Kaki Pendaki

Rinjani merupakan gunung yang menjadi target para pendaki untuk melihat keindahan dari puncak ketinggian. Ketika pendaki melewati rute Segara Anak ke Plawangan Senaru, ada trek berbatu berdampingan dengan bibir tebing.

Di trek tersebut beberapa pendaki mengalami kejadian aneh. Kaki pendaki seakan tertarik ke bawah. Konon, itu adalah hantu yang suka menarik kaki pendaki agar terjatuh.

Misteri Gua Susu

Gunung Rinjani juga punya gua yang penuh misteri yakni Gua Susu. Lokasi gua ini tidak jauh dari Segara Anak. Jaraknya sekitar 1 km jika mengikuti jalur pendakian via Torean.

Di Gua Susu terdapat air panas. Dinamakan Gua Susu lantaran ada tetesan air seperti susu dari stalaktitnya. Jika berniat baik, Gua Susu ini akan terbuka lebar. Sebaliknya, Gua Susu akan menyempit ketika ada orang yang berniat jahat. Gua ini sering didatangi untuk menyempurnakan ilmu gaib.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.