Sukses

Ratusan Orang Terjebak Banjir di Pamekasan

Banjir merendam sejumlah kawasan di Pamekasan akibat hujan deras sejak Selasa pagi (1/3/2022).

Liputan6.com, Pamekasan - Banjir menggenangi Pamekasan akibat hujan deras mengguyur wilayah itu sejak Selasa pagi (1/3/2022), yang menyebabkan Sungai KaliKloang dan Sungai Kalisemajid meluap. Warga yang terjebak banjir di sejumlah kelurahan telah dievakuasi pada Selasa malam hingga Rabu dini hari tadi. 

Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pamekasan Budi Cahyono mengatakan, ada sekitar 200-an orang yang dilaporkan terjebak banjir dari beberapa lokasi di Pamekasan.

"Karena itu proses evakuasi oleh tim gabungan hingga malam terus kita lakukan," katanya.

Daerah terdampak banjir, antara lain Kelurahan Jungcangcang, Parteker, Kolpajung, Petemon, Gladak Anyar, Kangenan, dan Barurambat Kota.

Selain menggenangi Kecamatan Kota, banjir kali ini juga terjadi di sejumlah titik di Kecamatan Pademawu, Palengaan, Proppo, dan sebagian di Kecamatan Galis.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jalan Protokol Banjir

Di Kecamatan Kota, Pamekasan, hampir semua luas jalan protokol tergenang banjir, bahkan jalur lalu lintas dari arah Sumenep menuju Sampang yang melalui Kota Pamekasan ditutup.

Salah satu warga yang terjebak banjir dan berhasil dievakuasi petugas pada Selasa malam adalah warga Kelurahan Kangenan.

Warga yang menderita kelumpuhan ini dievakuasi oleh petugas gabungan dari unsur TNI, Polri dan relawan penanggulangan bencana karena genangan air di rumahnya semakin tinggi.

Dikutip dari Antara, hingga Selasa jelang tengah malam hingga Rabu dini hari, genangan banjir di sejumlah titik di Pamekasan masih cukup tinggi, namun terpantau semakin surut.

"Kami meminta setiap perkembangan terkini dilaporkan agar kita bisa mengambil tindakan cepat. Utamakan proses evakuasi bagi warga yang terjebak banjir," kata Bupati Pamekasan Baddrut Tamam saat memantau warga terdampak banjir, Selasa malam.

 

3 dari 3 halaman

Langganan Banjir

Sementara itu, berdasarkan catatan BPBD Pamekasan, banjir yang melanda Pamekasan kali ini merupakan banjir kelima dalam dua bulan terakhir.

Pada awal Januari 2022, banjir melanda dua kecamatan di Kabupaten Pamekasan, yakni Kecamatan Pamekasan dan Pademawu. Sedangkan pada 10 Februari, banjir melanda permukiman warga di Kelurahan Kolpajung akibat hujan deras disertai angin kencang.

Banjir berikutnya terjadi pada 11 Februari di Kelurahan Gladak Anyar, lalu pada 26 Februari banjir juga menggenangi perkampungan di Kelurahan Patemon.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.