Sukses

Bantu Atasi Banjir, Alat Berat Disiagakan di Seputaran Lapangan Merdeka Medan

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan menyiagakan sejumlah alat berat di seputaran Lapangan Merdeka Medan. Hal ini dilakukan selang 2 jam pasca rapat penangan banjir yang dipimpin langsung Wali Kota Medan, Bobby Nasution.

Liputan6.com, Medan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan menyiagakan sejumlah alat berat di seputaran Lapangan Merdeka Medan. Hal ini dilakukan selang 2 jam pasca rapat penangan banjir yang dipimpin langsung Wali Kota Medan, Bobby Nasution.

Alat berat langsung diturunkan untuk membantu wilayah apabila banjir kembali terjadi mengingat intensitas hujan kemungkinan masih tinggi. Diturunkan alat berat ini tidak terlepas dari instruksi Bobby Nasution dalam rapat tersebut.

Sebab, saat meninjau banjir mulai Minggu, 27 Februari 2022, malam, sampai Senin (28/2/2022) dini hari sekitar pukul 03.00 WIB, Bobby tidak melihat ada alat berat yang diturunkan sehingga banjir lama baru surut.

"Saya tidak melihat ada alat berat yang diturunkan. Apabila hujan deras turun dan banjir terjadi kembali, bisa cepat diturunkan untuk membantu wilayah-wilayah yang terdampak banjir," kata Bobby.

Selain alat berat, Wali Kota Medan juga meminta kepada masing-masing UPT untuk menyiagakan para petugas guna mengatasi banjir jika kembali terjadi.

"Tadi malam saya turun, tidak ada petugas dari UPT yang terlihat. Padahal cukup lama saya melakukan peninjauan," sebutnya.

Kawasan Lapangan Merdeka salah satu menjadi titik banjir. Bobby Nasution meminta agar Dinas PU segera membersihkan drainase di kawasan yang merupakan titik nol Kota Medan tersebut.

Instruksi tersebut langsung ditindaklanjuti Dinas PU. Tidak lama setelah rapat, mobil penyedot lumpur pun diturunkan untuk menyedot lumpur yang memenuhi drainase di seputaran Lapangan Merdeka Medan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tinjau Sejumlah Kawasan

Selesai memimpin rapat penanganan banjir di Balai Kota Medan, Bobby Nasution langsung gerak cepat meninjau sejumlah kawasan yang terendam banjir. Bobby ingin memastikan korban banjir mendapat pelayanan baik dari OPD terkait maupun pihak kecamatan.

Di Kecamatan Medan Labuhan, Bobby meninjau banjir di Jalan Kol L Yos Sudarso yang tergenang air hampir sepanjang 3 Km. Kemudian HKBP Kampung Besar, SMP Negeri 5, serta Taman Maharani simpang Aloha.

Saat meninjau posko untuk melayani para warga korban banjir di Jalan Yos Sudarso, Lingkungan IV Km 17,5, Kelurahan Martubung, orang nomor satu di Pemko Medan ini sempat membantu mengevakuasi seorang ibu beserta anaknya yang masih kecil.

"Warga sudah menjadi korban banjir, kita harus layani dengan baik," ucap suami Kahiyang Ayu.

Bobby Nasution juga mengarahkan Camat dan Lurah untuk mengungsikan warga ke HKBP Desa Besar dan SMPN 5 Medan. Kemudian, menyiapkan makanan, air bersih, dan obat-obatan, serta selimut bagi masyarakat, terutama kaum perempuan dan anak-anak.

"Semoga bantuan ini bisa sedikit meringankan," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Terus Lakukan Penanganan

Menyikapi banjir yang melanda, Bobby Nasution mengatakan akan terus melakukan penanganan sehingga dapat teratasi, termasuk membangun kolaborasi dengan semua pihak, terutama masyarakat.

"Saya berharap dukungan masyarakat salah satunya, dengan tidak membuang sampah sembarangan ke dalam parit maupun sungai," imbaunya.

Terkait banjir yang terjadi di Simpang Aloha menyusul jebolnya tanggul akibat debit air sungai terlalu tinggi, Bobby Nasution telah berkoordinasi dengan Badan Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II.

"Solusinya elevasi tanggul akan ditinggikan serta dilakukan normalisasi," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.