Sukses

Rusia Invasi Ukraina, Ini Daftar 10 Negara Terbesar di Dunia

Daftar negara terbesar di dunia penting untuk diketahui, termasuk Rusia yang kini tengah menginvasi Ukraina, bekas negara pecahan Soviet

Liputan6.com, Denpasar - Invasi Rusia ke Ukraina menyita perhatian masyarakat dunia. Sebagian khawatir, bakal pecah perang dunia ke-3, jika sampai Sekutu dan Nato terseret dalam konflik ini.

Nah, lepas dari itu, banyak yang berpikir, kenapa Rusia begitu percaya diri menyerang Ukraina, meski dengan risiko 'dikeroyok'. Nyatanya, Rusia memang salah satu negara terbesar di dunia, menilik luas wilayah, bahkan setelah pecahnya Uni Soviet.

 

Tidak ada salahnya kita mengetahui negara mana saja yang terbesar di dunia. Melansir World Population Review, setiap negara sebenarnya memiliki dua ukuran luas yang berbeda yakni luas daratan dan luas total.

Luas daratan merupakan luas seluruh daratan dalam suatu negara. Sedangkan luas total atau disebut juga luas negara mencakup luas daratan suatu negara serta luas wilayahnya.

Luas wilayah yang dimaksud meliputi danau, waduk, sungai pedalaman, dan kadang-kadang perairan pesisir dan teritorial.

Jumlah negara di dunia yang memiliki pusat pemerintahan sendiri menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ada 195 negara. Dari jumlah tersebut, berikut adalah 10 negara terbesar di dunia berdasarkan luas totalnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Rusia

Tidak heran jika negara terbesar pertama di dunia adalah Rusia yang membentang seluas 17,098 juta km persegi. Negara ini belakangan disorot dunia setelah melancarkan invasinya ke Ukraina.

2. Kanada

Negara terbesar kedua dunia adalah Kanada. Negara yang berada di paling utara Amerika ini memiliki luas 9,879 juta km persegi. Sistem yang dianut negara ini adalah desentralisasi dengan membagi kepemerintahannya menjadi 10 provinsi.

3. China

Selain memiliki jumlah penduduk terbanyak, China juga masuk ke daftar negara terbesar di dunia. Berada di peringkat ketiga, China memiliki luas wilayah 9,6 juta km persegi.

3 dari 4 halaman

4. Amerika Serikat

Luas wilayah Amerika Serikat mencapai 9,5 juta km persegi. Dengan wilayah yang cukup luas ini, Amerika Serikat berada di peringkat empat negara terbesar di dunia.

5. Brazil

Brazil menjadi negara terbesar di Afrika Selatan sekaligus negara terbesar kelima dunia dengan luas 8,515 juta km persegi. Brazil juga menjadi negara yang memiliki hutan terbesar di dunia yakni hutan amazon.

6. Australia

Luas negara Australia mencapai 7,741 juta km persegi. Ini menjadikan Australia sebagai negara terbesar keenam di dunia.

7. India

Selain China, India juga termasuk negara yang memiliki jumlah penduduk terbanyak sekaligus negara terbesar di dunia. Memiliki wilayah seluas 3,287 juta km persegi menjadikan India berada di peringkat 7 negara terbesar di dunia.

4 dari 4 halaman

8. Argentina

Argentina merupakan negara berbahasa Spanyol terbesar di dunia. Letaknya berada di bagian selatan benua Amerika Selatan. Tepat berada di antara Pegunungan Andes di barat dan Samudera Atlantik di selatan. Argentina termasuk negara terbesar di dunia dengan luas wilayah mencapai 2,780 juta km persegi.

9. Kazakhstan

Negara yang berada di kawasan Asia Tengah ini merupakan negara terbesar kesembilan di dunia. Kazakhstan memiliki luas wilayah sebesar 2,724 km persegi.

10. Algeria

Di peringkat sepuluh negara terbesar di dunia adalah Algeria. Negara di Afrika bagian utara ini memiliki luas wilayah 2,381 juta km persegi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.