Sukses

Mengikis Stigma Warga Binaan Lapas Luwuk Lewat 'Kajuma Berlian'

Aktivitas unik dilakukan para narapidana Lapas Kelas II B Luwuk, Sulawesi Tengah. Tidak seperti hari biasanya, setiap Kamis dan Jumat mereka berada di luar tembok lapas. Apa yang mereka lakukan?

Liputan6.com, Luwuk - Aktivitas unik dilakukan para narapidana Lapas Kelas II B Luwuk, Sulawesi Tengah. Tidak seperti hari biasanya, setiap Kamis dan Jumat mereka berada di luar tembok lapas. Apa yang mereka lakukan?

Lazimnya, para narapidana hanya boleh beraktivitas di dalam kurungan tembok lapas sebagai bagian dari pembinaan selama menjalani masa hukuman. Namun, pada Kamis (24/2/2022) warga binaan (wabin) Lapas Kelas II B Luwuk malah dibiarkan beraktivitas di luar oleh petugas.

Ada belasan wabin yang menaiki mobil pikap keluar dari lapas. Masih dengan seragam wabin berwarna oranye mereka diantar ke salah satu gereja di daerah itu. Mereka pun turun dan menyebar ke setiap ruangan tempat ibadah itu.

Ternyata aktivitas para wabin itu bukanlah ilegal melainkan bagian dari pembinaan narapidana. Mereka sedang mengikuti program "Kajuma Berlian" atau Kamis Jumat pagi Bersih Lingkungan yang digagas Lapas Luwuk. Tujuannya, agar mengikis stigma negatif narapidana di tengah masyarakat.

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Membersihkan Tempat Ibadah untuk Mengikis Stigma

Program itu diikuti 11 wabin yang telah menjalani setengah masa hukumannya. Selain mereka, sejumlah petugas lapas juga ikut serta.

"Ini pembinaan untuk napi. Setiap hari Kamis dan Jumat kami bersihkan rumah ibadah yang ada di luar Lapas. Kamis untuk gereja dan pura sedangkan Jumat fokusnya ke masjid," Kepala Lapas Kelas II B Luwuk, Yugo Indra Wicaksi mengatakan, Kamis (24/2/2022).

Yugo menegaskan aksi bersih-bersih itu tetap dengan pengawalan dan penjagaan petugas yang juga melibatkan masyarakat. Usai membersihkan tempat ibadah belasan wabin itu dipulangkan ke tempat pembinaannya, Lapas Kelas II B Luwuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.