Sukses

2.000 Tiket Moto GP Terjual di Sulsel, Sandiaga Uno Minta Penerbangan Langsung Makassar-Lombok

Permintaan itu diutarakan langsung oleh Menparekraf Sandiaga Uno kepada Menko Marves RI Luhut Binsar Panjaitan

Liputan6.com, Makassar - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berharap adanya penerbangan langsung dari Sulawesi Selatan ke Nusa Tenggara Barat. Permintaan itu menyusul usai sedikitnya 2.000 tiket Moto GP Mandalika laku terjual di Sulawesi Selatan. 

Laporan penjualan tiket gelaran Moto GP Mandalika itu diterima langsung oleh Sandiaga Uno dari Badan Promosi Pariwasata Daerah (BPPD) Sulawesi Selatan. Permintaan itu pun langsung dilayangkan kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan. 

"Mohon bantuannya Pak Menko Luhut pesawatnya. Karena ada permintaan besar dari BPPD Sulsel kalau ada 2.000 tiket Moto GP Mandalika dibeli di Makassar ini," kata Sandiaga Uno dalam acara BBIBWI Sulsel 2022 di Makassar, Kamis (24/2/2022).

Tak hanya kepada Luhut, Sandiaga Uno juga memohon bantuan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) Azwar Anas. Menurut Sandi, hal itu akan menjadi kebangkitan prekonomian di Sulsel dan NTB. 

"Pak Anas mohon dibantu, LKPP ini ada di garis terdepan kemajuan kita. Mari kita bangkitkan ekonomi kita dan buka peluang usaha," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apresiasi Pemprov Sulsel

Sementara Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengapresiasi gerak cepat Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sulsel dalam keikutsertaannya pada perhelatan Moto GP di Mandalika.  Kerja sama BPPD Sulsel dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) di Sirkut Mandalika hingga hadirnya layanan penerbangan langsung atau direct flight dari Makassar-Lombok-Makassar atau UPG-LOP-UPG yang telah diluncurkan pada 22 Februari 2022 lalu.

"Alhamdulillah sesuai dengan hasil komitmen bersama dan penjajakan bersama Provinsi NTB maka tim (Dinas Pariwisata dan Kebudayaan) bersama BPPD Sulsel telah menginisiasi kerja sama dalam launching direct flight," kata Andi Sudirman, Rabu (23/2/2022).

Rencananya penerbangan pertama dari Makassar ke Lombok akan dilakukan pada 9 Maret 2022, sedangkan dari Lombok ke Makassar pada 10 Maret 2022. Penerbangan perdana akan menggunakan maskapai penerbangan Wings Air dari Lion Air Group.

"Dengan program ini maka penerbangan dapat dilaksanakan secara langsung Makassar-Lombok diperkirakan sekitar 1 jam 45 menit. Penerbangan langsung ini mempersingkat jarak tempuh dan waktu," katanya.

Menurut Andi Sudirman, hal ini akan berdampak pada pemulihan sektor ekonomi dan pariwisata. Apalagi melibatkan para pelaku industri pariwisata di Sulsel. Bahkan warga yang menjadi penumpang dalam penerbangan Makassar - Lombok, nantinya bisa berperan menjadi Duta Wisata bagi Sulsel. 

"Program ini akan menggerakkan perekonomian Sulsel dalam upaya program percepatan pemulihan ekonomi. Jadi mereka bisa berperan menjadi Duta Wisata dan akan mempromosikan Provinsi Sulawesi Selatan di NTB, khususnya di Mandalika," katanya.

Diketahui, pelaksanaan MotoGP pada Maret 2022 mendatang akan berlangsung di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.