Sukses

Ganjar Pamer Program 5Ng: Angka Stunting di Jateng Paling Rendah Nasional

Ganjar menjelaskan Provinsi Jateng sempat tinggi kasusnya, dikarenakan ganasnya virus Covid-19 varian Delta.

Liputan6.com, Semarang - Perhelatan Summit Kota Sehat Indonesia ke-5 dengan tema 'Healthy Cities For All' tahun 2022 kembali digelar. Kali ini, Semarang ditunjuk sebagai tuan rumah.

Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah mengatakan, sinergi dan kesadaran yang selama ini terjalin dari pemerintah mulai dari pusat hingga ke daerah menuai hasil yang bagus.

"Ini bagus sekali. Jadi membangun kesadaran bersama merespon persoalan kesehatan secara nasional, melalui aksi dari para bupati dan walikota. Antusiasmenya luar biasa," ujar Ganjar dari Hotel Patra Semarang, Senin (28/3/2022).

Menyinggung permasalahan stunting nasional, Ganjar menjelaskan Provinsi Jateng sempat tinggi kasusnya, dikarenakan ganasnya virus Covid-19 varian Delta.

"Kemarin ada yang tanya, kenapa ya angka kematian ibu di Jawa Tengah meningkat? Bukan karena ibunya, ibunya kena Covid dan Covidnya itu Delta kemarin yang memang sangar betul," kata Ganjar.

Menjawab persoalan itu, Ganjar menuturkan pihaknya telah berupaya menurunkan kasus stunting di Jateng melalui program Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng (5Ng). Hasilnya, angka stunting di Jateng terjun bebas.

Program 5Ng merupakan kegiatan sistematis dan terpadu untuk mengurangi Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB), dengan memantau pelayanan kesehatan yang optimal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ibu Anak Sehat

Berdasarkan data dari BKKBN, diketahui saat ini angka kasus stunting di Provinsi Jawa Tengah, paling rendah dalam skala nasional yakni 20 persen.

"Kita coba antisipasi agar ibunya sehat anaknya lahir sehat. Kalau itu bisa disiapkan dengan data yang baik per harian dari yang dihasilkan kawan-kawan hasil summit ini, nanti kita harapkan kita punya sistem. Itu menurut saya menjadi penting," tutur Ganjar.

"Dan ini nanti stunting akan bisa dijawab ya, kurang gizi akan dijawab, kesehatan ibu anaknya bisa dijawab. Ini bagus sekali semuanya," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.