Sukses

Sulapan Radio Lama di Yogyakarta Merebut Hati Pendengar Tiga Zaman

Radio di Yogyakarta berusaha bertahan melawan zaman. Tak terkecuali radio yang satu ini.

Liputan6.com, Yogyakarta - Radio Yogyakarta berusaha bertahan melawan zaman. Tak terkecuali radio yang satu ini.

Namanya, VOKS Radio Jogja. Bak sulapan, dua tahun terakhir mereka merombak total manajemen dan seluruh sistem radio lama.

VOKS Radio Jogja sebenarnya adalah radio lama yang sudah mengudara selama 33 tahun di Yogyakarta dengan nama Rakosa di bawah naungan PT.Rakosa. Namun pada Desember 2019 diakuisisi oleh Bambang Pranoto, pemilik PT. Kutus Kutus Herbal.

Pada 22 Februari 2022, radio lama itu resmi berganti nama menjadi VOKS Radio Jogja. Radio ini menjadi radio pertama yang diakuisisi Bambang Pranoto. Kemudian, bos Kutus-Kutus ini kembali mengakuisisi tiga radio lainnya, satu radio di Bandung dan dua radio di Bali.

Dunia radio bukan hal baru bagi Bambang Pranoto. Semasa muda, ia seorang penyiar radio dan sampai saat ini sangat menyukai musik.

Alasan ini yang membuat Bambang Pranoto memperluas usahanya ke dunia penyiaran. Sebagai orang yang tumbuh besar di Yogyakarta, Bambang ingin radionya bisa memberikan wadah bagi warga Yogyakarta yang mencintai musik, tradisi, seni budaya, bahkan pelaku UMKM.

Menurut Direktur Operasional VOKS Radio Jogja Ali Sugiyanto, kehadiran radio ini mengubah segmentasi pendengar radio lama. Jika radio sebelumnya menargetkan wanita dan dewasa, kini VOKS Radio Jogja memperluas jangkauan pendengar radio dari usia 20 sampai 50 tahun.

Hal ini dibuktikan dengan program-programnya yang menghadirkan lagu gold atau era 1950 sampai 1980-an, musik 90-an, hingga musik terkini yang nyaman.

“Jadi ketika ingin mendegar lagu favorit, pendengar bisa menyetel VOKS Radio Jogja,” ujar Ali, seusai peluncuran VOKS Radio Jogja.

Your Soul Your Hits menjadi tagline VOKS Radio Jogja yang semakin menggambarkan hampir semua era memiliki ruang di radio ini.

Kendati demkian, Ali tidak menampik di era saat ini, mengoperasikan radio secara konvensional sudah pasti ketinggalan zaman. Oleh karena itu, VOKS Radio Jogja juga berupaya berkelindan dengan peradaban.

Bergerak lewat-lewat konten di seluruh media sosial menjadi salah satu cara memperkenalkan hasil sulapan radio lama menjadi radio baru ini. Tidak hanya itu, VOKS Radio Jogja ternyata juga dikemas dalam bentuk aplikasi yang bisa diunduh di Play Store maupun Apps Store.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengangkat Potensi Lokal

Sementara Program Director VOKS Radio Jogja Gaby Stephani berupaya program-program yang dihadirkan juga mengangkat potensi dan isu lokal, sehingga radio ini bisa memiliki masyarakat Yogyakarta bisa menjadi pendengar yang loyal.

“Setiap satu jam sekali VOKS Radio Jogja punya insert bertajuk Istimewanya Jogja yang membahas apapun tentang Yogyakarta selama satu menit dan ditutup dengan keroncong atau musik tradisional,” ucap Gaby.

Selain program-program lagu yang beragam, radio ini juga punya punya program bincang seni dan budaya dengan menghadirkan Susilo Nugroho atau yang akrab disapa Den Baguse Ngarso.

Musik di VOKS Radio Jogja bisa didengarkan selama 24 jam dengan waktu siaran mulai pukul 06.00 sampai 21.00 WIB di frekuensi 105.3 FM.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.