Sukses

Suhu di Kota Palu Capai Titik Terendah, Apa Penyebabnya?

Fenomena penurunan suhu signifikan terjadi di Kota Palu pada Selasa (22/2/2022). BMKG bahkan mencatat suhu di Kota Palu yang selama ini dikenal panas masuk kategori terdingin se-Indonesia. Apa yang terjadi?

Liputan6.com, Palu - Fenomena penurunan suhu signifikan terjadi di Kota Palu pada Selasa (22/2/2022). BMKG mencatat suhu di Kota Palu yang selama ini dikenal panas masuk kategori terdingin se-Indonesia. Apa yang terjadi?

Stasiun Meteorologi Palu mencatat penurunan suhu di Kota Palu pada Selasa (22/2/2022) mencapai 19,4°C.

"Tercatat tadi subuh, 19,4°C. Ini jarang terjadi di Kota Palu," kata Prakirawan Stasiun Meteorologi Palu, Affan Nugraha Diharsya, Selasa (22/2/2022).

Catatan suhu itu menjadikan Kota Palu sebagai kota terdingin ke-7 se-Indonesia. Suhu seperti itu menurut Affan bisa disebut Anomali karena jarang terjadi. Rata-rata suhu di Kota Palu selama ini cenderung panas yakni terendah 28°C sampai 29°C, dan maksimum 32°C sampai 33°C.

Fenomena penurunan suhu itu sendiri menurut Affan juga terjadi di sebagian besar daerah di Indonesia. Faktor lain yakni aktifnya Madden-Julian Oscillation (MJO) yang merupakan gelombang atmosfer yang membawa massa udara basah.

"Beberapa wilayah tekanan udaranya rendah, ditambah lagi munculnya konvergensi," Affan menjelaskan.

Diperkirakan kondisi seperti itu masih akan terjadi bersamaan dengan musim hujan yang akan berakhir pada bulan Maret.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.