Sukses

Effendi Simbolon: Pemerintah Tak Fokus Terhadap Pengembangan Wisata Samosir

Ketua Umum Punguan Simbolon dohot Boruna se Indonesia (PSBI) Effendi Simbolon mengatakan pemerintah tidak fokus terhadap pengembangan wisata di Samosir. Menurutnya, hanya pembangunan infrastruktur yang selalu ditonjolkan.

Liputan6.com, Samosir Ketua Umum Punguan Simbolon dohot Boruna se Indonesia (PSBI) Effendi Simbolon mengatakan pemerintah tidak fokus terhadap pengembangan wisata di Samosir. Menurutnya, hanya pembangunan infrastruktur yang selalu ditonjolkan.

"Namun abai pada pengembangan seni budaya yang ada di Samosir," kata Effendi pada acara doa bersama atau partangiangan bolon PSBI di Museum Huta Bolon, Simanindo, Samosir, Sumatera Utara (Sumut), Sabtu, 19 Februari 2022.

Disampaikan Effendi Simbolon, mereka berharap bukan hanya dari sisi pembangunan dermaga, kapal dan lainnya. Tetapi juga seni budaya. Menurutnya, pemusik asli daerah Samosir seharusnya juga disentuh.

"Padahal karakter batak itu seni, wisatawan disuguhkan dengan musik-musik khas daerah. Saya heran, daerah wisata tapi tidak menumbuh suburkan nilai-nilai yang menjadi objek para wisatawan," sebutnya.

Anggota DPR RI dari Fraksi PDI-P itu juga mengatakan, PSBI siap turut serta mengembangkan kawasan Danau Toba menjadi destinasi wisata dari seluruh dunia. Salah satunya, dengan melestarikan seni budaya daerah di setiap kegiatan yang ada.

"Banyak cara mengenalkan Danau Toba ke seluruh dunia. Jadi tidak semua harus fokus pada pembangunan fisik, tetapi budayanya," sebutnya.

Effendi Simbolon mencontohkan, museum tempat doa bersama yang mereka gelar, yaitu Museum Huta Bolon, sangat banyak sejarahnya. Museum ini juga bisa menjadi objek wisata untuk memperkenalkan Danau Toba dari sisi budaya.

"Jadi, tidak melulu hanya melihat pemandangan danau saja, tapi tempat-tempat mengenal situs budaya sejarah di Samosir ini," ungkapnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Doa Bersama

Sebelumnya, PSBI menggelar doa bersama di Museum Huta Bolon, Simanindo, Samosir. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari jelang Kongres IV & Pesta Bolon Simbolon IV yang akan berlangsung pada 4-11 Juli 2022 di Bali.

Doa bersama ini diikuti Ketua Umum PSBI, Effendi Simbolon, dan Ketua INA PSBI, Dessy Trinita br Tobing, dilanjutkan dengan rapat konsolidasi Pengurus Pusat PSBI dan Pengurus Wilayah PSBI se-Sumut yang diikuti 149 wilayah secara hybrid.

3 dari 3 halaman

Diikuti Semua Anggota PSBI

Effendi Simbolon mengatakan, doa bersama diikuti semua anggota PSBI lintas agama yang dipimpin Pdt. Rein Justin Gultom, Praeses HKBP Distrik Samosir, dan Romo Krisna Aji Nugroho, Pastor Gereja Katolik Perdagangan Simalungun.

Selain doa bersama menjelang Pesta Bolon Simbolon, PSBI bekerja sama dengan Polri, TNI, Dinas Kesehatan, dan BIN, untuk mendukung pencapaian target herd immunity di wilayah Samosir.

"Dukungan PSBI dimulai di komunitas kami dengan ikut melaksanakan vaksinasi di tengah keterbatasan tenaga kesehatan," Effendi Simbolon menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.