Sukses

Wali Kota Bobby Beberkan 3 Poin Sebabkan Medan Kembali Masuk PPKM Level 3

Kota Medan berstatus Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3. Status ini mulai berlaku Selasa, 15 Februari 2022. Sebab, penambahan kasus Covid-19 di Kota Medan per harinya sudah di angka 300.

Liputan6.com, Medan Kota Medan berstatus Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3. Status ini mulai berlaku Selasa, 15 Februari 2022. Sebab, penambahan kasus Covid-19 di Kota Medan per harinya sudah di angka 300.

Terkait status PPKM Level 3, Wali Kota Medan, Bobby Nasution, mengimbau masyarakat untuk patuh melaksanakan protokol kesehatan (prokes), terutama pemakaian masker untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Lebih baik pakai masker, daripada pakai tabung oksigen," kata Bobby, dalam keterangan diperoleh Liputan6.com, Kamis (17/2/2022).

Bobby mengungkapkan, ada 3 poin yang menyebabkan Kota Medan kembali masuk dalam PPKM Level 3, yakni terjadinya penambahan kasus harian Covid-19. Kemudian, Bed Occupancy Ratio (BOR) juga sudah mengalami peningkatan, yakni di angka 22 persen.

Ketiga, angka kematian sudah ada 4 kasus. Meski masih terpantau rendah, namun ini tetap menjadi perhatian bersama. "Terkait 3T, yaitu Testing, Tracing, dan Treatment, terus diperkuat," ungkapnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pembelajaran Tatap Muka

Mengenai pembelajaran tatap muka, Bobby menuturkan, saat ini masih dibatasi dengan sistem hybrid. Artinya, 50 persen secara langsung dan selebihnya Pembelajaran Jarak Jauh (PBJ) secara online.

Berdasarkan informasi dari Dinas Pendidikan, saat ini ada 10 sekolah yang ditutup karena ada anak didik dan tenaga pendidik yang terpapar Covid-19. Para orang tua diimbau untuk memvaksinasi anak-anaknya.

"Angka vaksinasi anak sudah mencapai 54 persen dari target 70 persen," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Imbau Kurangi Aktivitas

Bobby juga mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah jika tidak dalam kondisi mendesak. Bagi lokasi usaha, masih tetap diperbolehkan namun jam operasional dibatasi hingga jam 21.00 WIB, serta jumlah pengunjung dibatasi.

"Kita sudah memberi surat edaran agar lokasi usaha menggunakan AplikasiPeduli Lindungi. Saya sampaikan juga, sudah 86 lingkungan di Medan melakukan isolasi lingkungan," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.