Sukses

KPI Deklarasikan Muhaimin Iskandar dan Andi Amran Sulaiman Maju Pilpres 2024

Deklarasi itu berlangsung di Monumen Mandala Kota Makassar.

Liputan6.com, Makassar - Kesatuan Pemuda Indonesia (KPI) mendeklarasikan dukungan mereka kepada Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar dan Mantan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman sebagai Capres dan Cawapres pada Pilpres 2024 mendatang. Deklarasi itu berlangsung di Monumen Mandala, Kota Makassar pada Rabu (16/2/2022).

Wakil Ketua Dewan Pimpinan Pusat PKB, Jazilul Fawaid mengatakan bahwa PKB memang membutuhkan sosok seperti Andi Amran Sulaiman untuk dipasangkan dengan Muhaimin Iskandar. Nama Andi Amran Sulaiman pun nantinya akan menjadi pertimbangan sendiri bagi PKB lantaran dia merupakan tokoh yang berpengalaman dan berpengaruh di Indonesia Timur.

"Kita memang butuh tokoh-tokoh yang lahir dari kawasan timur maupun di luar kawasan Pulau Jawa," kata Jazilul Fawaid usai deklarasi, Rabu (16/2/2022). 

Jazilul menuturkan bahwa Muhaimin Iskandar memiliki banyak pengalaman, dimasa Orde Baru. Dia adalah seorang aktivis Pergerakan Mahasiswa yang memperjuangkan Hak-hak rakyat guna mewujudkan cita masyarakat sejahtera,

"Bahkan Gus Muhaimin merupakan salah satu pemuda yang menjadi sentrum gerakan Reformasi ditahun 1998," terangnya. 

Karir politik Muhaimin sangat moncer, tercatat pada tahun 1999, dia terpilih sebagai Pimpinan DPR RI termuda karena saat itu Cak Imin masih berusia 32 tahun. Di Masa Kabinet Indonesia Bersatu periode pertama, Muhaimin Menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) dan menerima tanda kehormatan bintang Mahaputera Adi Pradana pada tahun 2009.

"Pada tahun 2018-2019, beliau menjabat sebagai Wakil Ketua MPR RI dan Saat ini Abdul Muhaimin Iskandar menjabat sebagai Wakil Ketua DPR-RI," imbuhnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jejak Karir Andi Amran Sulaiman

Sementara itu Ketua KPI, Jabal Nur menyebutkan Andi Amran Sulaiman, merupakan sosok yang tepat untuk mendampingi Muhaimin. Selain seorang pengusaha kenamaan, Andi Amran Sulaiman juga menjadi sosok yang penting pada masa pemerintahan Jokowi-JK. 

"Beliau (Andi Amran Sulaiman) pernah menjabat sebagai Menteri Pertanian pada periode Pemerintahan Jokowi - JK. Tahun 2007 Amran Sulaiman menerima penghargaan Satyalancana Pembangunan dibidang wirausaha Pertanian. Saat ini Alumni Doktor Pertanian Universitas Hasanuddin ini melakukan banyak kegiatan kemanusian melalui Yayasan AAS Foundation," sebutnya. 

Jazilul menegaskan bahwa dari ringkasan pengalaman tersebut, KPI yakin Abdul Muhaimin Iskandar yang juga Kader Nahdlatul Ulama dan Andi Amran Sulaiman adalah sosok yang tepat untuk menjadi Presiden dan Wakil Presiden Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tahun 2024 mendatang.

"Kesatuan Pemuda Indonesia Yakin pasangan ini akan membawa Indonesia menjadi Negara yang dikehendaki oleh seluruh Rakyat Indonesia, yaitu Negara yang sejahtera dan berkeadilan sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia," paparnya. 

Jabal Nur menegaskan, bahwa deklarasi dukungan capres dan cawapres 2024 ini, tidak hanya berlangsung di Makassar, namun pihaknya akan melakukan deklarasi serupa di seluruh daerah di Sulawesi Selatan.

"Pasti kita akan lanjutkan deklarasi ini ke daerah-daerah lainnya. Kami sudah jauh hari sudah berkoordinasi dengan ketua DPC di daerah untuk segera melakukan deklarasi dalam waktu dekat ini," pungkasnya.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.