Sukses

Profil Dorce Gamalama, Artis Multitalenta yang Meninggal karena Terpapar Covid-19

Artis Dorce Gamalama meninggal dunia pada usia 58 tahun, Rabu (16/2/2022) pagi. Dorce Gamalama mengembuskan napas terakhirnya di RS Pertamina, Jakarta Pusat karena terpapar Covid-19.

Liputan6.com, Denpasar - Artis Dorce Gamalama meninggal dunia pada usia 58 tahun, Rabu (16/2/2022) pagi. Dorce Gamalama mengembuskan napas terakhirnya di RS Pertamina, Jakarta Pusat usai terpapar Covid-19.

Dorce Gamalama akan dimakamkan sesuai dengan protokol Covid-19. Pemakaman artis multitalenta ini diurus oleh pihak rumah sakit.

Ucapan duka pada Dorce Gamalama mengalir di media sosial dari para warganet. Selain warganet, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir juga turut berbelasungkawa.

"Innalillahi wa Inna Ilaihi Raji’un. Indonesia telah kehilangan sosok Bunda yang sangat disayangi. Turut berduka cita atas kepergian Bunda Dorce Gamalama. Semoga amal ibadahnya diterima di sisi-Nya. Aamiin," tulisnya di akun Twitter @ericthohir.

Dorce Gamalama merupakan sosok artis yang sudah tidak asing lagi. Yuk, mengenang kembali artis multitalenta ini. Berikut tentang Dorce Gamalama yang dirangkum dari berbagai sumber.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Operasi Kelamin hingga Adopsi Anak

Dorce Gamalama lahir di Solok, 21 Juli 1963. Ketika lahir dia adalah seorang laki-laki. Namun, ia memutuskan untuk operasi ganti kelamin menjadi perempuan.

Operasi tersebut ia lakukan di Surabaya pada 1983. Dorce Gamalama tidak dikaruniai anak usai operasi ganti kelamin. Akhirnya, ia memutuskan untuk mengadopsi anak yaitu Rizky Sutrisno Kidjo, Siti Khadijah, dan Siti Fatimah Tuzzahrah.

3 dari 3 halaman

Nama Asli hingga Karir Dorce Gamalama

Artis multitalenta itu sempat mengungkapkan nama aslinya dalam Youtube Curhat Bang Denny Sumargo yang diunggah pada 23 Januari 2022.

Dia menerangkan jika nama aslinya adalah Dorce Ashadi. Adapun nama Dorce Gamalama merupakan pemberian dari Sultan Ternate.

Di panggung hiburan ia lebih dikenal dengan nama Dorce Gamalama atau DG. Dalam yayasannya, ia menulis Dorce Halimatusadiah.

Nama Dorce Gamalama di dunia hiburan sudah tak asing lagi. Semasa hidupnya, dia dikenal sebagai pembawa acara. Pada Januari 2005, Dorce Gamalama mulai membawakan program Dorce Show di salah satu stasiun televisi swasta.

Selain pembawa acara, Dorce Gamalama juga dikenal sebagai penyanyi. Bahkan, dia berhasil mencatatkan rekor di Museum Rekor Indonesia (MURI) usai meluncurkan sembilan album sekaligus dalam waktu lima bulan.

Kini artis multitalenta itu telah berpulang. Ia meninggal di Jakarta, 16 Februari 2022 karena terpapar Covid-19 dan beberapa penyakit yang dideritanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.