Sukses

Masuk Pelabuhan Bitung, 50 Penumpang KM Sinabung Terdeteksi Positif Covid-19

Dari hasil pelaksanaan swab antigen penumpang KM Sinabung tersebut, sebanyak 235 orang dinyatakan negatif, sedangkan 50 orang lainnya dinyatakan reaktif positif.

Liputan6.com, Manado - Polres Bitung dan Polsek KPS melaksanakan pengamanan jalannya swab antigen yang digelar oleh pihak Dinas Kesehatan Kota Bitung dan KKP Bitung. Swab ini ditujukan bagi para penumpang kapal KM Sinabung yang tiba di Pelabuhan Samudera Bitung, Minggu (13/2/2022) malam.

Kapolres Bitung AKBP Alam Kusuma S Irawan melalui Kasi Humas AKP Hermanses Juda Katiandagho mengatakan, Polres Bitung dan Polsek KPS melaksanakan pengamanan kegiatan swab antigen itu agar bisa berjalan dengan baik. Hal itu dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah Kota Bitung.

"KM Sinabung tiba di Pelabuhan Samudera Bitung menurunkan penumpang sebanyak 285 orang yang seluruhnya dilakukan swab antigen di lokasi pelabuhan," ujar Katiandagho.

Dari hasil pelaksanaan swab antigen tersebut sebanyak 235 orang dinyatakan negatis, sedangkan 50 orang lainnya dinyatakan reaktif positif.

"50 orang penumpang kapal yang dinyatakan reaktif positif Covid-19 tersebut selanjutnya dibawa ke Rumah Sakit Darurat Covid-19 Kota Bitung untuk selanjutnya dilakukan tes PCR," ujarnya.

Dia mengatakan, kegiatan pengamanan itu akan terus dilakukan setiap jadwal kedatangan penumpang kapal di wilayah kota Bitung, dengan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Pemkot Bitung dan KKP Bitung, TNI, KSOP.

"Untuk penumpang warga Kota Bitung yang dinyatakan positif atau terkonfirmasi langsung diarahkan ke Rumah Sakit Darurat Covid-19 Kota Bitung, sedangkan untuk di luar warga Kota Bitung langsung dijemput oleh Dinas Kesehatan wilayahnya masing-masing," ujarnya.

Jika warga di luar Sulut, akan ditampung di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Kota Bitung menunggu dijemput oleh Dinas Kesehatan wilayahnya.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.