Sukses

Daftar Perguruan Tinggi Negeri di Bandung Lengkap dengan Fakultasnya

Jika tertarik mengeyam pendidikan tinggi di Bandung, Jawa Barat, ada cukup banyak pilihan perguruan tinggi negeri yang dapat menunjang karir masa depan.

Liputan6.com, Bandung - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah dibuka. Pendaftaran SNMPTN bisa dilakukan dari 14 Februari hingga 28 Februari 2022. Adapun hasilnya akan diumumkan pada 29 Maret 2022.

Memilih perguruan tinggi negeri saat SNMPTN merupakan suatu hal yang penting. Jangan sampai kamu salah pilih perguruan tinggi negeri.

Pilihlah perguruan tinggi negeri yang sesuai dengan hati nurani serta restu orangtua. Jangan lupa cek daya tampung dan keketatan peserta SNMPTN yang daftar di perguruan tinggi negeri tersebut.

Jika tertarik mengeyam pendidikan tinggi di Bandung, Jawa Barat, ada cukup banyak pilihan perguruan tinggi negeri yang dapat menunjang karier masa depan. Melansir berbagai sumber, berikut adalah daftar perguruan tinggi negeri di Bandung.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Institut Teknologi Bandung

Mendengar kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) sepertinya sudah tidak asing lagi bagi calon mahasiswa. Pasalnya, perguruan tinggi negeri ini sudah berdiri sejak 2 Maret 1959 dan telah melahirkan lulusan-lulusan sukses terutama di bidang teknik.

Salah satu alumnus yang hingga kini namanya terkenal adalah BJ Habibie. Habibie mengeyam pendidikan di ITB dengan mengambil jurusan Teknik Mesin pada 1954. Saat Presiden ke-3 RI ini kuliah, ITB masih bagian dari Universitas Indonesia (UI).

Melansir laman resmi ITB, perguruan tinggi negeri di Bandung ini mengemban misi pengabdian ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan Indonesia. ITB lahir dalam suasana penuh dinamika yang dilandasi dengan semangat perjuangan proklamasi kemerdekaan. ITB hadir untuk mengoptimalkan pembangunan bangsa yang maju dan bermartabat.

ITB menyelenggarakan program sarjana, magister, doktor, dan profesi. Adapun fakultas di ITB antara lain Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara, Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan, serta Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan.

Selain fakultas, ITB juga memiliki sekolah di antaranya Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan, Sekolah Bisnis dan Manajemen, Sekolah Farmasi, Sekolah Ilmu dan Teknolog Hayati, serta Sekolah Teknik Elektro dan Informatika.

3 dari 6 halaman

Universitas Pendidikan Indonesia

Tertarik menjadi pendidik? Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) siap untuk mewujudkan mimpimu. Kampus negeri yang berada di Jalan Dr Setiabudhi ini secara umum memfokuskan arah pendidikannya untuk melahirkan guru-guru penerus bangsa.

Arti pendidikan bagi UPI sangat penting sebagai penentu masa depan bangsa. Pihak UPI ingin menjadi institusi yang melahirkan pendidik yang dapat mencerdaskan anak bangsa.

Selain melahirkan pendidik unggul, UPI juga memiliki tujuan untuk menghasilkan tenaga kependidikan, ilmuwan, dan tenaga ahli pada semua jenis dan program pendidikan tinggi.

UPI menyelenggarakan program sarjana dan pascasarjana. UPI memiliki 8 fakultas dan 5 kampus daerah.

Fakultas di UPI antara lain Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra, Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, serta Fakultas Pendidikan Seni dan Desain.

4 dari 6 halaman

Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Perguruan tinggi negeri yang berbasis Islam di Bandung adalah Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati. Universitas negeri ini berdiri sejak 8 April 1968 M atau 10 Muharram 1388 H.

Keberadaan UIN Sunan Gunung Djati merupakan hasil perjuangan tokoh umat Islam Jawa Barat yang dimulai pada 1967. Para tokoh umat Islam Jawa Barat itu membentuk Panitia Perizinan Pendirian IAIN di Jawa Barat. Panitia tersebut kemudian disahkan oleh Menteri Agama RI dengan SK-MA No. 128 Tahun 1967.

Setelah proses yang cukup panjang, akhirnya IAIN Sunan Gunung Djati berdiri berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama RI Nomor 56 Tahun 1968. Kemudian pada tahun 2005 IAIN Sunan Gunung Djati berubah secara resmi menjadi UIN Sunan Gunung Djati.

Kini UIN Sunan Gunung Djati memiliki 9 fakultas antara lain Fakultas Ushuludin, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Adab dan Humaniora, Fakultas Psikologi, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

5 dari 6 halaman

Institut Seni Budaya Indonesia Bandung

Sesuai dengan namanya, Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung berfokus pada seni dan budaya. Beragam prestasi telah diraih oleh ISBI Bandung. Terbaru ISBI Bandung meraih berbagai penghargaan pada Anugerah Diktiristek 2021.

Perguruan tinggi negeri di Bandung ini menyelenggarakan pendidikan program vokasi, sarjana, dan pascasarjana.

Untuk program sarjana, fakultas di ISBI Bandung antara lain Fakultas Seni Pertunjukan, Fakultas Seni Rupa dan Desain, serta Fakultas Budaya dan Media.

 

6 dari 6 halaman

Perguruan Tinggi Negeri Lainnya

Selain daftar perguruan tinggi negeri di atas, ada Universitas Padjajaran (Unpad) yang berada di Bandung. Namun, lokasi kampus Unpad utamanya berada di Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat.

Kemudian ada juga Sekolah Tinggi Hukum Bandung, Politeknik Manufaktur Bandung, Polteknik Negeri Bandung, Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil, Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, Polteknik Kesehatan Kemenkes Bandung, dan Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial Bandung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.