Sukses

377 Rumah di Lombok Tengah Terdampak Banjir Usai Diguyur Hujan Intensitas Tinggi

Sebanyak 377 unit rumah di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) terdampak banjir pada Minggu, 13 Februari 2022. Banjir terjadi pada pukul 15.00 WITA setelah sebelumnya wilayah tersebut diguyur hujan dengan itensitas tinggi.

Liputan6.com, Lombok Tengah Sebanyak 377 unit rumah di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) terdampak banjir pada Minggu, 13 Februari 2022. Banjir terjadi pada pukul 15.00 WITA setelah sebelumnya wilayah tersebut diguyur hujan dengan itensitas tinggi.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lombok Tengah melaporkan, banjir terjadi di wilayah Kelurahan Leneng dan Kelurahan Panjirsari yang berada di Kecamatan Praya dan Desa Puyung yang terletak di Kecamatan Jonggat.

"Peristiwa tersebut menyebabkan 377 kepala keluarga terdampak banjir dengan tinggi muka air sekitar 10 hingga 50 sentimeter," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari, Senin (14/2/2022).

Disampaikannya, hingga saat ini belum ada laporan terkait warga yang mengungsi ke tempat maupun korban luka atau jiwa akibat banjir tersebut. Untuk mempercepat penanganan darurat, tim gabungan yang terdiri dari BPBD, TNI, Polri, dan perangkat desa langsung melakukan evakuasi.

"Kaji cepat turut dilakukan, serta memberikan dukungan logistik dan peralatan seperti sembako, tikar atau alas tidur, serta peralatan mandi kepada warga terdampak," sebutnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Putus Saluran Listrik

Diungkapkan Abdul, BPBD berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk memutus saluran aliran listrik di lokasi yang diperkirakan akan membahayakan warga, dan mengatur buka tutup pintu air dan bendungan di sekitar lokasi.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca untuk Kabupaten Lombok Tengah dan sebagian wilayah NTB akan mengalami hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada hari ini dan Selasa, 15 Februari 2022.

3 dari 3 halaman

Imbauan BNPB

BNPB mengimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat, agar mengikuti perkembangan informasi tentang cuaca maupun potensi bencana yang ada di daerah masing-masing.

"Serta mempersiapkan diri meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi banjir, mengingat musim penghujan diperkirakan masih berlangsung hingga awal Maret 2022," imbaunya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.