Sukses

Daftar Souvenir Khas Lombok yang Wajib Diborong untuk Oleh-oleh

Bila bertandang ke Lombok jangan lupa mampir ke toko oleh-oleh. Di sana ada banyak souvenir khas Lombok yang wajib diborong.

Liputan6.com, Mataram - Lombok merupakan pulau yang berada di Nusa Tenggara Barat (NTB). Pulau ini kerap menjadi salah satu tempat tujuan wisata baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Lombok semakin dikenal oleh dunia. Apalagi saat ini memiliki Sirkuit Mandalika yang bertaraf internasional. Ini akan semakin meningkatkan daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Lombok.

Bila bertandang ke Lombok jangan lupa mampir ke toko oleh-oleh. Di sana ada banyak souvenir khas Lombok yang wajib diborong.

Souvenir khas Lombok tersebut bisa menjadi buah tangan untuk keluarga dan kerabat di rumah. Bahkan, bisa menjadi kado ulang tahun untuk orang tersayang.

Beberapa souvenir khas Lombok yang wajib diborong antara lain kain tenun sasak, anyaman ketak, kalung mutiara, kendi maling, dan begasingan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kain Tenun Sasak

Kain tenun sasak merupakan salah satu souvenir yang wajib diborong saat ke Lombok. Souvenir ini buah karya dari tangan-tangan wanita kreatif asli Lombok khususnya yang berada di Desa Sukarara.

Kain tenun sasak sudah populer hingga mancanegara. Bahkan, bukan hanya menjadi incaran para kolektor, tapi turis asing pun ingin memiliki kain tenun sasak ini.

Kain tenun khas Lombok ini dibuat dari kapas pilihan yang dipintal menjadi benang lalu diwarnai. Menariknya, bahan pewarna kain tenun berasal dari biji-bijian, dedaunan, akar, dan kulit pohon.

Warna alami pada kain tenun sasak ini meningkatkan daya jual dan daya tarik para wisatawan. Mereka yang membeli kain tenun khas Lombok ini akan puas dengan hasil karya tangan kreatif wanita Lombok.

3 dari 5 halaman

Anyaman Ketak

Kerajinan tangan ini terbuat dari tanaman liar ketak. Ketak kemudian dianyam dan menghasilkan berbagai bentuk seperti tas, tatakan gelas, tempat perhiasan, dan lain sebagainya.

Kerajinan tangan khas Lombok ini terkenal dengan nama anyaman ketak. Anyaman ketak termasuk daftar souvenir populer bagi para wisatawan Lombok.

Selain bentuknya menarik, anyaman ketak juga memiliki nilai seni yang tinggi. Kamu bisa belajar membuat anyaman ketak di Desa Beleka yang berada di Kecamatan Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah, NTB.

Kalung Mutiara

Kalung mutiara termasuk souvenir khas Lombok yang wajib dibawa pulang. Souvenir ini berbahan mutiara air tawar yang diuntai oleh pengrajin dan pembudidaya mutiara Lombok.

Bentuk dan warna kalung mutiara ini sangat menarik dan ciamik, apalagi kalau dipakai. Kamu akan terlihat semakin cantik dengan kalung mutiara Lombok ini.

4 dari 5 halaman

Kendi Maling

Kendi maling merupakan wadah air minum khas Lombok dari tanah liat. Kendi maling berbentuk bulat dan bagian atasnya memanjang.

Alasan disebut kendi maling lantaran saat mengisi wadah air minum khas Lombok ini bukan dari atas seperti pada umumnya, melainkan dari bawah di tempat yang tersembunyi.

Souvenir khas Lombok ini memiliki beragam motif yang menarik. Harganya pun cukup terjangkau mulai dari Rp100.000.

Kendi maling merupakan souenir yang wajib dibeli saat ke Lombok. Selain menjunjung nilai seni, tapi fungsinya sebagai wadah air minum tetap dapat digunakan.

5 dari 5 halaman

Begasingan

Ingin nostalgia dengan masa kecil? Belilah begasingan saat berkunjung ke Lombok Timur. Meski ada di berbagai daerah, tapi begasingan Lombok punya ciri khas sendiri.

Bahan dasar begasingan khas Lombok adalah kayu asam yang pinggirannya dari besi. Ukuran begasingan khas Lombok lebih besar dari begasingan biasanya.

Buat kamu yang ingin mengenang kembali masa kecil, membeli begasingan khas Lombok sangat direkomendasikan. Kalau pun tidak dimainkan, begasingan bisa menambah koleksi permainan tradisional nusantara kamu.

Selain lima souvenir tersebut, Lombok juga punya souvenir khas lainnya yang wajib kamu borong seperti kerajinan cukli, kain songket sasak, hingga gerabah khas Lombok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.