Sukses

Mengenal Langkat, Salah Satu Kabupaten yang ada di Sumut

Nama Kabupaten Langkat belakangan ini ramai muncul menjadi bahan pemberitaan. Sebab, pada 18 Januari 2022 kemarin, Bupati Langkat, Terbit Rencana Perangin Angin, ditangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Kota Binjai.

Liputan6.com, Langkat Nama Kabupaten Langkat belakangan ini ramai muncul sebagai bahan pemberitaan. Sebab, pada 18 Januari 2022 kemarin, Bupati Langkat, Terbit Rencana Perangin Angin, ditangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Kota Binjai.

Saat itu, terbit dan sejumlah pejabat di Kabupaten Langkat terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK. Pasca ditangkapnya Terbit Rencana oleh KPK, kini Syah Afandin menjadi Pelaksana tugas (Plt) Bupati Langkat.

Tidak hanya itu, kehebohan juga terjadi di Langkat sekaitan dengan OTT yang dilakukan oleh KPK terhadap Terbit Rencana. Sebab, di rumah Bupati Langkat non aktif tersebut, Desa Raja Tengah, Kecamatan Kuala, ditemukan kerangkeng manusia.

Hingga kini, persoalan-persoalan yang menjerat Terbit Rencana masih berproses hukum. Baik Pihak Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut), Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) dan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) turun tangan.

Terlepas dari hal tersebut, Langkat merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Sumut, dan Ibu Kotanya adalah Stabat. Kabupaten Langkat terdiri dari 23 kecamatan dengan luas 6.273,29 km² dan berpenduduk sejumlah 1.041.775 jiwa.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Asal Nama

Nama Langkat diambil dari nama Kesultanan Langkatyang dulu pernah ada di tempat yang kini merupakan kota kecil bernama Tanjung Pura. Dari 23 kecamatan yang ada di Langkat, ada 37 kelurahan dan 240 desa.

Jumlah penduduk terbanyak di Langkat terdapat di Kecamatan Stabat, yaitu 83.223 jiwa. Sedangkan penduduk paling sedikit berada di Kecamatan Pematang Jaya, 14.779 jiwa.

Jumlah penduduk Kabupaten Langkat per jenis kelamin lebih banyak laki-laki dibandingkan penduduk perempuan. Pada tahun 2008 jumlah penduduk laki-laki sebesar 521.484 jiwa, sedangkan penduduk perempuan sebanyak 521.039 jiwa dengan rasio jenis kelamin sebesar 100,09 persen.

3 dari 3 halaman

Tempat Wisata

Saat ini tercatat ada 4 tempat wisata di Langkat yang familiar dan ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara, yaitu Bukit Lawang, Tangkahan, Masjid Azizi, dan Batu Katak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.