Sukses

Kapal Nelayan Terbelah Saat Hendak Memasuki Muara di Pemalang, Begini Kisahnya

Kapal pencari ikan KM Mandiri Jaya mengalami laka laut saat akan memasuki muara Tanjungsari, Pemalang, Kamis (10/2/2022)

Liputan6.com, Pemalang - Kapal pencari ikan KM Mandiri Jaya mengalami laka laut saat akan memasuki muara Tanjungsari, Pemalang, Kamis (10/2/2022).

Kapal tersebut dihempas gelombang tinggi saat mendekati muara dan menabrak pemecah ombak sehingga kapal terbelah menjadi dua.

"Karena cuaca buruk, nahkoda perahu KM Mandiri Jaya tidak dapat mengolah gerak kapal, sehingga terhempas dan menabrak batu pemecah ombak di muara," kata Kapolres Pemalang, AKBP Ari Wibowo, Jumat (11/2/2022).

Beruntung, tiga ABK berhasil diselamatkan. Mereka dievakuasi dari bagian kapal terbelah yang masih mengapung.

"Sesaat setelah kejadian, personil Polairud Polres Pemalang dan Polairud Polda Jateng langsung menuju TKP dan membantu evakuasi nahkoda dan kru yang masih berada di atas kapal," dia menjelaskan.

Ari mengatakan, bangkai perahu nelayan terbelah menjadi dua. Posisi buritan berada di muara, sedangkan haluan sudah hanyut ke sungai Srengseng, Tunjungsari, Kelurahan Sugihwaras, Pemalang.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Evakuasi Kapal

"Saat ini kita mengevakuasi buritan perahu ke lokasi yang aman, agar tidak menutup muara yang menjadi akses keluar masuk perahu nelayan ke dermaga," kata Kapolres.

Kapolres turut mengevakuasi kapal pecah itu bersama nelayan, personel Polairud Polres Pemalang dan Polairud Polda Jateng.

"Proses evakuasi berjalan lancar, selain badan kapal, petugas bersama nelayan juga mengevakuasi jaring ikan dan muatan kapal lainnya," kata Kapolres.

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.