Sukses

Kapal Tak Bisa Bersandar di Pelabuhan Merak Akibat Cuaca Buruk, Bus dan Truk 'Numpang' Parkir di Jalan Cikuasa Atas

Jalan Cikuasa Atas dijadikan kantong parkir truk dan bus, imbas dari cuaca buruk yang mengakibatkan kapal sulit bersandar di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten.

Liputan6.com, Cilegon - Jalan Cikuasa Atas dijadikan kantong parkir truk dan bus, imbas dari cuaca buruk yang mengakibatkan kapal sulit bersandar di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten. Gelombang tinggi menerjang pelabuhan di ujung barat Pulau Jawa itu sejak Rabu malam, 9 Februari 2022.

Sat Lantas Polres Cilegon berjibaku mengatur lalu lintas di luar pelabuhan, agar tidak terjadi kemacetan yang lebih parah. Rekayasa sudah dilakukan sejak Kamis dini hari, 10 Februari 2022, sekitar pukul 03.00 WIB.

"Dari semalam sekitar jam 03.00 WIB melakukan itu (pengaturan lalu lintas). Itu malam kan hujan gede, personel sudah mantau," kata Kasat Lantas Polres Cilegon, AKP Yusuf Dwi Atmodjo, Kamis (10/2/2022).

Awalnya, seluruh ruas Jalan Cikuasa Atas dijadikan kantong parkir. Namun, sejak Kamis pagi, 10 Februari 2022, satu ruas jalan lainnya sudah bisa dilewati kendaraan.

Polisi melakukan penyekatan dan menjadikan Jalan Cikuasa Atas kantong parkir untuk menghindari kemacetan kendaraan di perlintasan kereta api dan pintu masuk Pelabuhan Merak.

"Di Cikuasa Atas kita mulai berlakukan penyekatan, karena biar akses menuju Suralaya, Tanjung Sekong enggak ketutup. Kita pakai sistem buka tutup di Cikuasa Atas. Kalau di lepas semuanya, ngunci nanti," terangnya.

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rekayasa Lalu Lintas Diberlakukan

Truk dan bus dari arah Kota Cilegon yang menuju Pelabuhan Merak dibelokkan ke Jalan Cikuasa Atas. Sedangkan jalan Cikuasa Bawah khusus untuk warga sekitar yang beraktivitas. Kemudian kendaraan yang keluar dari Pelabuhan Merak menuju jalan tol maupun Kota Cilegon, bisa menggunakan satu ruas Jalan Cikuasa Atas maupun Cikuasa Bawah.

Penyekatan Jalan Cikuasa Atas di mulai dari flyover Merak. Jika kendaraan di Dermaga Pelabuhan Merak berkurang, maka penyekatan kendaraan di Cikuasa Atas dibuka.

"Truk dan bus Cikuasa Atas, hanya kendaraan umum yang lewat bawah. Yang bongkaran (dari Pelabuhan Merak) sempat kita lewatkan bawah karena padat banget, tapi sekarang sudah bisa (lewat Cikuasa Atas). Kalau bus dan truk menuju Pelabuhan Merak lewat atas. Antrean enggak sampai tol, paling cuma 1 km dari flyover Merak itu," dia memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.