Sukses

Gelombang Tinggi Melanda Pelabuhan Merak, Waspada Ada Bibit Siklon Tropis

Cuaca buruk dan gelombang tinggi menerjang Pelabuhan Merak Rabu malam hingga Kamis dini hari, 09-10 Februari 2022.

Liputan6.com, Serang - Cuaca buruk dan gelombang tinggi melanda Pelabuhan Merak Rabu malam hingga Kamis dini hari, 9-10 Februari 2022. Ketinggian ombak mencapai 2,5 meter yang menyebabkan kapal sulit sandar di dermaga. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga telah mengeluarkan peringatan dini soal potensi gelombang tinggi tersebut.

"(Ketinggian gelombang di Merak) Berkisar 1,25 meter hingga 2,5 meter. Sesuai peringatan dini," kata Tarjono, Kasi Data dan Informasi (Datin) BMKG Serang, melalui pesan elektroniknya, Kamis (10/2/2022).

Peringatan dini BMKG sendiri berlaku pada 9-10 Februari 2022. Untuk perairan Selatan Banten dan Selat Sunda bagian Selatan memiliki risiko tinggi terhadap keselamatan perahu nelayan, kapal Ferry, dan kapal tongkang. Kemudian di Selat Sunda bagian Utara, risiko tinggi terhadap keselamatan perahu nelayan dan kapal tongkang.

Untuk perairan Selatan Banten dan Selat Sunda bagian Selatan, ketinggian gelombang antara 2,50 meter hingga 4 meter. Kemudian di Selat Sunda bagian Utara, termasuk Pelabuhan Merek, ketinggiannya mencapai 1,25 meter hingga 2,5 meter.

"Sedangkan area perairan dengan tinggi gelombang 4 meter sampai 7 meter atau very rough sea terdapat di wilayah perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian Barat dan selatan, perairan selatan Banten hingga Jawa Tengah, Samudra Hindia barat Lampung hingga selatan Jawa Barat," terangnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bibit Siklon Tropis

Berdasarkan analisa dinamika atmosfer terkini, BMKG mengidentifikasi adanya potensi peningkatan curah hujan dalam periode sepekan ke depan di sebagian besar wilayah Indonesia. Kondisi tersebut dipicu oleh peningkatan aktivitas dinamika atmosfer seperti aktifnya Madden Julian Oscillation (MJO) dan fenomena gelombang atmosfer yaitu gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial.

Sementara itu, Jakarta Tropical Cyclone Warning Center (TCWC) BMKG memantau pertumbuhan bibit Siklon Tropis 93S yang terbentuk di sekitar Samudra Hindia sebelah Barat daya Banten atau tepatnya di 13.8 LS dan 105.5 BT, dengan kecepatan angin maksimum di sekitar sistemnya mencapai 30 knot atau 56 km/jam dan tekanan udara minimum di sekitar pusat sistem mencapai 1000 hPa. Sistem Bibit Siklon 93S bergerak ke arah selatan menjauh wilayah Indonesia.

Dalam periode 24 jam kendepan masih berada pada kategori sedang untuk menjadi sistem Siklon Tropis. Suatu kriteria bahwa Bibit Siklon dapat dikatakan meningkat menjadi Siklon Tropis adalah apabila kecepatan angin maksimum di sekitar sistemnya mencapai minimal 35 knot atau 65 km/jam.

Keberadaan bibit Siklon Tropis 93S tersebut dapat membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin di wilayah Bengkulu, Sumatra Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat dan Jawa Tengah. Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah pusat tekanan rendah dan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut.

"Mengamati potensi tersebut, BMKG memberikan peringatan dini terdapat potensi cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang serta gelombang tinggi," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.