Sukses

Satai Bulayak hingga Nasi Balap, Kuliner Khas Lombok yang Wajib Dicoba Saat ke Mandalika

Ada beberapa kuliner khas Lombok yang wajib dicoba saat bertandang ke Mandalika, di antaranya satai bulayak, ayam taliwang, plecing kangkung, sayur ares, dan nasi balap puyung.

Liputan6.com, Mataram - Bila berkunjung ke Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) jangan sekadar menyaksikan perhelatan balapan MotoGP dunia di Sirkuit Mandalika. Sesekali lirik kuliner-kuliner khas Lombok dan mencicipinya.

Kuliner khas Lombok di Mandalika memiliki cita rasa yang tak ada duanya. Rasanya maknyus, sayang kalau dilewatkan.

Mengutip berbagai sumber, ada beberapa kuliner khas Lombok yang wajib dicoba saat bertandang ke Mandalika, di antaranya satai bulayak, ayam taliwang, plecing kangkung, nasi balap puyung, dan sayur ares.

1. Satai Bulayak

Kuliner pertama yang wajib kamu coba adalah satai bulayak. Bahan dasar satai ini adalah daging atau jeroan sapi yang dilumuri bumbu khas Lombok. Bumbu satai bulayak sangat khas. Inilah yang menjadi pembeda satai bulayak dari satai pada umumnya.

Bau sedap satai bulayak mengundang selera makan tinggi. Apalagi kalau ditambah lontong, semakin nikmat jadinya. Sayang sekali kalau kamu melewatkan kuliner ini saat bertandang ke Sirkuit Mandalika.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Ayam Taliwang

Ayam Taliwang merupakan kuliner khas Lombok yang sudah mendunia. Bahkan, turis asing sangat menyukai makanan nusantara ini. Kok bisa ya?

Ternyata ada rahasia di balik ayam taliwang. Salah satunya dari bumbu tradisionalnya yang selalu memuaskan lidah. Kombinasi rasa manis dan pedas dengan rempah membuat rasanya semakin maknyus.

Menikmati ayam taliwang di daerah asalnya akan semakin nikmat. Jadi, kalau ke Sirkuit Mandalika jangan lupa mampir ya.

3. Plecing Kangkung

Selain kuliner berbahan daging, kamu juga wajib mencoba kuliner lainnya saat ke Sirkuit Mandalika. Salah satunya adalah plecing kangkung.

Plecing kangkung merupakan masakan Indonesia dari Lombok. Bahan utama yang wajib ada di masakan ini adalah tauge dan parutan kelapa muda yang jadi topping di atasnya. Plecing kangkung sangat pas kalau disantap bersama ayam taliwang.

3 dari 3 halaman

4. Nasi Balap Puyung

Jika Jawa punya nasi kucing, Lombok punya nasi balap puyung. Nama puyung merujuk pada daerah kuliner ini berasal, yakni Kampung Puyung di Dusun Lingkung Daye, Jonggat, Lombok Tengah, NTB. Sebagian orang menyebut kuliner ini nasi balap.

Hidangan nasi balap puyung sederhana. Biasanya nasi putiih, ayam goreng, suwiran abon pedas, sambal, kacang kedelai goreng, kelapa parut, dan tumis sayur berupa kacang panjang. Nasi puyung biasa disantap saat waktu sarapan.

5. Sayur Ares

Lombok juga memiliki kuliner khas lain yaitu sayur ares. Masakan ini berbahan pelepah pisang yang diolah jadi sayur lezat.

Pelepah yang dijadikan sayur ares diambil dari batang pisang muda. Supaya rasanya lebih maksimal, sayur ini ditambah santan bumbu merah dan tulang atau daging ayam.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.