Sukses

UT Gelontorkan Beasiswa Senilai Rp2 Miliar untuk 100 Orang yang Lolos SNMPTN 2022

Universitas Terbuka (UT) menggelontorkan beasiswa hingga Rp2 miliar untuk yang berhasil lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Universitas Terbuka (UT) menggelontorkan beasiswa hingga Rp2 miliar, bagi siapa saja yang berhasil lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022. 

Terkait kabar itu, Rektor UT Prof Ojat Darojat, Senin (7/2/2022) mengatakan, beasiswa yang diberikan meliputi biaya studi, bahan ajar, dan lainnya hingga durasi 8 semester. Namun demikian, UT hanya menyediakan kuota 100 beasiswa.

Sebanyak 100 kuota beasiswa tersebut, terdiri dari 50 kuota untuk program studi S1 Agribisnis, dan 50 kuota untuk program studi S1 Akuntansi Keuangan Publik. Pada 2022, beasiswa tersebut diperuntukkan khusus untuk Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Semarang dan Purwokerto, dengan kuota masing-masing 25 beasiswa untuk calon mahasiswa program studi Agribisnis dan 25 beasiswa untuk calon mahasiswa program studi Akuntansi Keuangan Publik.

"Pemberian beasiswa ini merupakan program rutin yang diselenggarakan UT sejak 2020. Pada 2020, beasiswa diberikan pada 100 mahasiswa program studi S1 Sistem Informasi dan S1 Teknologi Pendidikan di UPBJJ-UT Jakarta dan Serang," katanya.

Kemudian pada 2021, kemudian dialokasikan bagi 100 mahasiswa di UPBJJ-UT Bogor dan Bandung khusus program studi S1 Ekonomi Syariah dan S1 Bahasa Inggris.

"Jumlah peminat pada 2021 cukup banyak yakni sebanyak 273 mahasiswa, sehingga diperoleh seleksi ketat untuk mendapatkan jumlah sesuai kuota sebanyak 100 orang," kata Ojat lagi.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perluasan Akses Pendidikan

Ojat menambahkan jika dijumlahkan beasiswa yang diberikan, UT telah mengalokasikan dana Rp6 miliar untuk beasiswa SNMPTN. Ada beberapa hal yang mendorong UT untuk ikut bergabung dalam SNMPTN, yakni strategic player dalam menyiapkan SDM unggul, kapasitas dan keuntungan kompetitif yang dimiliki harus menjadi instrumen strategis pemerintah dalam meningkatkan perluasan akses pendidikan tinggi termasuk bagi para lulusan SMA yang punya prestasi.

"UT tampil sebagai solusi dalam memberikan layanan pendidikan tinggi yang bisa menjangkau semua lapisan masyarakat," katanya. 

Ke depan, Ojat berharap UT semakin dapat diterima dan dicintai semua kalangan. Selain beasiswa SNMPTN, UT juga menggelontorkan beasiswa KIP Kuliah, beasiswa CSR, beasiswa penyandang tuna netra, beasiswa atlet dan mahasiswa berprestasi, program relaksasi UKT bagi mahasiswa terdampak Covid-19 dan bencana alam. Total beasiswa yang disalurkan pada 2021, mencapai angka Rp37 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.