Sukses

Polisi yang Tabrak Jambret di Pekanbaru Dapat Penghargaan dan Bisa Lanjutkan Sekolah

Polisi tabrak jambret dari Polsek Tenayan Raya, Pekanbaru, mendapat penghargaan dari Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal dan dijanjikan kemudahan untuk sekolah.

Liputan6.com, Pekanbaru - Aksi Bripka Oktavianus Yusbar, personel Polsek Tenayan Raya, Pekanbaru, menabrak dua jambret berbuah manis meskipun kakinya terkilir. Selain mendapatkan penghargaan, Oktavianus juga mendapatkan kemudahan bersekolah untuk kariernya di kepolisian.

Janji ini disampaikan oleh Kepala Polda Riau Mohammad Iqbal saat menemui Oktavianus di Polsek Tenayan Raya. Iqbal bahkan mempersilahkan Oktavianus duduk di sampingnya bersama pejabat utama Polda Riau lainnya.

Iqbal menceritakan, Bripka Oktavianus awalnya mendapat tugas mengamankan unjuk rasa pada Jumat pagi, 4 Februari 2022. Melintas di Jalan Bukit Barisan, Oktavianus melihat ada dua pria memacu sepeda motor.

Di belakang kendaraan dua pria tadi, ada teriakan minta tolong sembari meneriaki 'jambret'. Spontan Oktavianus mengejar lalu menabrakkan sepeda motornya begitu sejajar dengan kendaraan dua jambret.

"Dengan naluri polisi dan dengan kemampuan taktis melakukan tindakan tegas terukur dan menghentikan jambret sekaligus dua orang," kata Iqbal di Polsek Tenayan Raya, Senin (7/2/2022).

Iqbal menyatakan sengaja datang ke Polsek Tenayan Raya untuk menemui polisi tabrak jambret itu. Iqbal ingin respons cepat dari Bripka Oktavianus ditiru oleh ribuan personel Polda Riau.

"Saya datang memberikan reward kepada sahabat kita semua, sosok pelindung pengayom dan pelayan masyarakat, saya perintahkan semua personel Polda Riau mencontoh sosok Bripka Okvanianus Yusbar," ungkap mantan Kapolda Nusa Tenggara Barat ini.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Laporkan Polisi Malas

Menurut Iqbal, Bripka Oktavianus merupakan sosok polisi yang diidam-idamkan oleh masyarakat. Masyarakat selalu ingin ada polisi memberi rasa aman apapi resikonya.

Tak sekadar piagam penghargaan, Iqbal pun dengan senang hati akan memberi rekomendasi khusus jika Oktavianus ingin melanjutkan pendidikan kedinasannya.

"Apabila beliau ingin menjalani pendidikan, saya kasih rekomendasi khusus," ucap Iqbal.

Di sisi lain, Iqbal tak menampik di luar sana masih ada oknum polisi tidak optimal melayani dan memberikan rasa aman kepada warganya. Warga pun diminta tak sungkan melapor, jika melihat ada oknum petugas yang tidak menjalankan profesinya dengan sebaik mungkin.

"Saya perintahkan kepada semua harus menyebar di tengah masyarakat dan apabila ada masyarakat lihat polisi yang cuma banyak duduk-duduknya saja padahal di lokasi dibutuhkan kehadiran polisi, silahkan laporkan ke saya ya," tegas Iqbal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.