Sukses

Menikmati Destinasi Wisata Arung Jeram di Serdang Bedagai, Makin Basah Makin Seru

Berjarak sekitar 84 Kilometer (Km) dari Kota Medan, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara (Sumut) memiliki berbagai destinasi wisata. Salah satunya adalah destinasi wisata arung jeram di Sungai Bahbolon, Kecamatan Sipispis.

Liputan6.com, Serdang Bedagai Berjarak sekitar 84 Kilometer (Km) dari Kota Medan, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara (Sumut) memiliki berbagai destinasi wisata. Salah satunya adalah destinasi wisata arung jeram di Sungai Bahbolon, Kecamatan Sipispis.

Untuk mempromosikan pariwisata di Serdang Bedagai, khususnya wisata alam, Bupati dan Wakil Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya dan Adlin Tambunan, mengajak sejumlah Kepala Daerah se-Sumut arung jeram di Sungai Bahbolon.

Mereka adalah Wali Kota Medan, Bobby Nasution, Bupati Labuhan Batu Utara, Hendriyanto Sitorus, Bupati Batubara, Zahir, dan Wali Kota Pematang Siantar, Hefriansyah Noor.

Para Kepala Daerah mengaku puas. Selain menikmati arung jeram, mereka juga menjajal trek offroad di Kecamatan Sipispis. Bahkan, mereka mengaku ketagihan dan akan kembali membawa serta para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Seperti yang dikatakan Wali Kota Medan, Bobby Nasution. Menantu Presiden Jokowi mengaku arung jeram kali ini menjadi pengalaman baru baginya, dan memberikan tantangan tersendiri. Bobby berpesan, jangan takut mencoba arung jerang di Sipispis.

"Banyak tantangannya. Enaklah, pas, mantap. Jangan takut. Tidak seseram yang dipikirkan, makin basah makin seru," ungkapnya, Minggu (6/2/2022).

Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya menjelaskan, arung jeram menjadi salah satu destinasi unggulan wisata di Serdang Bedagai. Diharapkan, dengan hadirnya para bupati dan wali kota membantu mempromosikan wisata di Serdang Bedagai.

"Semuanya masih alami. Baik trek offroad, maupun arung jeram. Di sini juga banyak buah-buahan yang bisa dinikmati saat ngarung," sebutnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Paket Harga Arung Jeram

Ketua Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Serdang Bedagai, Dewi Yanti Purba menjelaskan, pihaknya menyediakan beberapa paket arung jeram, yaitu mulai dari Rp 190.000 per orang hingga Rp 300.000 per orang.

"Ada yang empat jam dan ada yang enam jam. Sudah seluruh peralatan yang dibutuhkan, mulai dari perahu, pelampung, helm, dayung, makan sekali, minum, pemandu wisata, serta asuransi," jelas Dewi, yang juga Kepala Desa Buluh Duri.

Disampaikan Dewi, saat ini pihaknya menyediakan 19 perahu lengkap dengan semua peralatan. Pihaknya juga instansi atau kelompok yang ingin arung jeram. Wisata arung jeram ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) BUDUMA.

"Arung jeram ini salah satu pilihan wisata, tidak hanya pantai dan pegunungan. Slogan kami, lebih baik mencoba satu daripada bercerita seribu kali. Ingat, makin basah, makin seru," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Cerita Legenda

Selain menikmati alam dan arung jeram, Sungai Bahbolon jugamenyimpan legenda atau hikayat cerita rakyat, yakni Legenda Batu Boru Manjile. Dahulunya, di bantaran Sungai Bahbolon terdapat pertuanan atau kerajaan yang bernama Pertuanan Bajalingge.

Wali Kota Pematang Siantar, Hefriansyah Noor mengatakan, hikayat gelenda tentang batu boru manjile merupakan cerita rakyat yang harus dipertahankan dan dikenalkan kepada masyarakat.

"Rencananya, saya akan bawa para Kepala OPD Pematang Siantar ke sini," tandasnya.

Tidak hanya arung jeram, wisatawan juga bisa menikmati batu kodok (batu yang menyerupai kodok), air terjun bagula, magic wall, green canyon, batu yang tersusun bak tangga namun terbalik, minum dari mata air pegunungan, serta menikmati flora dan fauna dilindungi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.