Sukses

Diresmikan Jokowi, Pantai Bebas Parapat Diharapkan Jadi Magnet Wisatawan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Kawasan Pantai Bebas Parapat, Kabupaten Simalungun, yang baru saja ditata, Rabu (2/2/2022). Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi turut mendampingi Jokowi.

Liputan6.com, Parapat Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Kawasan Pantai Bebas Parapat, Kabupaten Simalungun, yang baru saja ditata, Rabu (2/2/2022). Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi turut mendampingi Jokowi.

Tampak perubahan besar pada kawasan Pantai Bebas jika dibandingkan sebelum ditata. Kini kawasan tersebut lebih cantik, serta memiliki berbagai fasilitas yang bisa dinikmati masyarakat, mulai dari jalur jogging, ampliteater, panggung geladak, menara pandang, dek pandang, area skateboard, area bermain, kios makanan, kamar kecil, dan parkir mobil.

Proyek penataan Kawasan Pantai Bebas tersebut menggunakan biaya Rp 84,6 miliar dan dibangun selama setahun, dimulai tahun 2020 dan selesai tahun 2021. Luas kawasan tersebut 10.000 meter persegi.

Jokowi menyampaikan, selain fasilitas pariwisata, infrastruktur diharapkan dapat terhubung dengan sejumlah kawasan wisata.

"Semua kalau bisa itu diintegrasikan, tapi tidak mungkin dalam waktu dekat karena juga semuanya ada mana yang skala prioritas, mana yang berikutnya," kata Jokowi.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dongkrak Wisatawan

Gubernur Edy mengatakan, penataan Kawasan Pantai Bebas merupakan dukungan untuk memperindah Kawasan Destinasi Super Prioritas Danau Toba. Diharapkan dapat menjadi magnet wisatawan untuk berkunjung ke kawasan tersebut. Dengan meningkatnya kunjungan wisatawan, pertumbuhan ekonomi di Sumut juga akan meningkat.

"Kita harapkan wisatawan banyak membelanjakan uangnya ke sini. Dengan begitu, peningkatan ekonomi masyarakat meningkat," sebut Edy.

Turut bersama Presiden dan Gubernur, Menteri Koordinasi Bisang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Rombongan tiba di Kawasan Pantai Bebas Parapat menggunakan sepeda motor. Setibanya di kawasan tersebut, rombongan disambut masyarakat yang sudah menunggu sejak pagi.

3 dari 3 halaman

Resmikan Jalan Bypass Balige

Sebelumnya Jokowi meresmikan pembangunan jalan dan jembatan Bypass Balige (lingkar luar) Kabupaten Toba di Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Sumut. Peresmian jalur sepanjang 9,8 Kilometer (Km) tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Kepala Negara di kawasan dekat Jembatan Soposurung.

Pada kunjungan singkat tersebut, Jokowi melihat kondisi sepanjang jalur lingkar luar Balige yang telah digunakan sejak akhir tahun lalu, sebagai alternatif perlintasan bagi pengendara yang tidak ingin melewati kawasan perkotaan, terutama saat jam padat kendaraan.

Jalan Bypass Balige dibangun dengan anggaran APBN sebesar Rp 176,60 miliar, berada di bagian hulu Kota Balige, Ibu Kota Kabupaten Toba. Selain ruas jalan, juga dibangun 4 jembatan serta infrastruktur penanganan longsoran sepanjang 105 meter.

Adapun 4 jembatan yang dibangun di sepanjang jalan Bypass Balige yakni di perlintasan Sungai Aek Haluan sepanjang 30 meter, Aek Bolon (35 meter), Soposurung (35 meter) dan Jembatan Aek Hinalang sepanjang 7 meter.

Selain mengurai kepadatan arus lalu lintas di Kota Balige, jalan ini juga bermanfaat sebagai jalur alternatif distribuai logistik, membuka peluang pengembangan sektor perekonomian, serta mendukung pengembangan kawasan strategis pariwisata nasional Danau Toba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.