Sukses

Lebih Menyeramkan dari Omicron, 766 Orang di NTT Kena DBD, 4 Orang Meninggal

Jumlah DBD di NTT mencapai 766 kasus dari sebelumnya hanya mencapai 540 kasus.

 

Liputan6.com, Kupang - Hingga Senin (31/1/2022) sore, jumlah orang yang meninggal akibat demam berdarah dengue (DBD) di provinsi itu bertambah menjadi empat orang. Catatan Dinas Kesehatan, Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DKKPS) NTT sebelumnya, ada dua orang yang meninggal karena DBD.

"Kini jumlah pasien yang meninggal akibat DBD berjumlah empat orang. Terdapat penambahan dari sebelumnya pada pekan lalu hanya dua orang," kata Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian penyakit Menular (P2PM) DKKPS NTT Agusthina Rospita, Senin (31/1/2022).

Hal ini disampaikannya berkaitan dengan perkembangan kasus DBD di NTT dalam satu minggu terakhir di wilayah provinsi berbasis kepulauan itu.

Ia menjelaskan, empat kasus pasien meninggal dunia itu tersebar masing-masing satu orang di Kota Kupang, Kabupaten Sikka, Kabupaten Ngada dan Kabupaten Nagekeo.

"Pasien yang baru meninggal itu di Kota Kupang dan Kabupaten Ngada," ujar dia.

Lebih lanjut kata dia selain pasien DBD yang meninggal dunia bertambah, jumlah kasus yang kasus yang dirawat akibat DBD juga alami penambahan yang cukup signifikan.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

766 Kasus DBD

Agusthina Rospita juga mengatakan hingga kini, jumlah DBD di NTT mencapai 766 kasus dari sebelumnya hanya mencapai 540 kasus. Jumlah kasus tertinggi ujar dia masih ditempati oleh kabupaten Manggarai Barat dengan jumlah kasus mencapai 160 kasus, dari sebelumnya hanya 129 kasus.

Lebih lanjut kata dia, sampai dengan saat ini jika diurutkan Kota Kupang masih menjadi daerah dengan kasus DBD terbanyak kedua dengan jumlah kasus mencapai 159 kasus mendekat Manggarai Barat dari sebelumnya hanya 112 kasus.

Sementara itu urutan ketiga kini kembali lagi ke Kabupaten Sikka dengan jumlah kasus mencapai 97 kasus dengan angka kematian satu orang.

Dengan jumlah kasus DBD yang terus meningkat di NTT Dinkes NTT mengimbau warga untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar sehingga tak menjadi sarang jentik nyamuk.

Dinkes juga sudah membentuk juru pantau jentik nyamuk di setiap rumah, untuk memastikan bahwa tak ada tempat yang menjadi lokasi berkembangbiaknya jentik nyamuk.

Saat ini Dinkes di setiap kabupaten kota terus melakukan fogging atau pengasapan di setiap pemukiman untuk mencegah berkembangnya jentik nyamuk dan meningkatkan kasus DBD di setiap daerah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.