Sukses

PT Berau Coal Salurkan Beasiswa dan 16 Unit Bus untuk Warga Kampung di Berau

PT Berau Coal kembali menyalurkan bantuan berupa beasiswa pendidikan kepada masyarakat di Kabupaten Berau.

Liputan6.com, Berau - PT Berau Coal kembali menyalurkan bantuan berupa beasiswa pendidikan kepada masyarakat di Kabupaten Berau. Tidak hanya itu, 16 uni bus juga diberikan kepada pemerintah kampung untuk transportasi anak sekolah dan keperluan lainnya.

Bagi perusahaan tambang batu bara ini, pendidikan merupakan salah satu aspek kualitas sumber daya manusia yang mendukung kemajuan suatu daerah. Aspek ini pula yang menjadi fokus dalam Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Berau Coal.

Berbagai program terus dicanangkan oleh perusahaan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan kemandirian ekonomi di Kabupaten Berau.

Rabu (26/1/2022) pekan lalu, PT Berau Coal kembali menyerahkan beasiswa pendidikan kepada 35 orang mahasiswa Politeknik Sinar Mas Berau Coal yang merupakan pemuda-pemudi asli Kabupaten Berau. Ada pula 16 unit bus transportasi diserahkan kepada Badan Usaha Milik Kampung (BUMK) yang akan digunakan untuk transportasi anak sekolah serta keperluan kampung lainnya.

Acara serah terima kontribusi PPM PT Berau Coal ini dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Berau. Kegiatan serah terima ini turut dihadiri Ketua Yayasan Dharma Bhakti Berau Coal (YDBBC) Horas Parsaulian Pardede, Bupati Berau Sri Juniarsih, Wakil Bupati Berau Gamalis, Wakil Ketua I DPRD Berau Syarifatul Syadiah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Ilyas Natsir, Kepala Dinas Pendidikan Murjani dan Sekretaris DPD KNPI Berau M Muchsin.

Kontribusi dan kerja sama Berau Coal dengan Pemerintah Kabupaten Berau di setiap lini, mendapat apresiasi dari Bupati Berau, Sri Juniarsih. Sri menuturkan, apa yang telah dilakukan PT Berau Coal tersebut merupakan satu langkah yang mencerminkan keseriusan sekaligus konsistensi dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan mengembangkan profesional unggul di Kabupaten Berau.

“Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada PT Berau Coal yang selalu hadir mendukung Pemkab Berau. Dukungan-dukungan seperti ini, bukan kali pertama diberikan. Sebelumnya, juga sering dilakukan Berau Coal dalam mendukung program Pemkab Berau,” kata Sri.

Begitu juga dengan penyerahan 16 unit bus melalui BUMK yang diperuntukkan untuk membantu transportasi anak sekolah serta dapat digunakan untuk keperluan usaha dalam meningkatkan Pendapatan Asli Kampung (PAK) oleh BUMK setempat.

Tidak itu saja, Sri Juniarsih juga berharap, perusahaan-perusahaan pertambangan lainnya di Berau juga dapat mengikuti jejak Berau Coal agar dapat melakukan hal yang sama.

“Keinginan kami semua perusahaan yang beroperasi di Berau dapat berkontribusi seperti yang Berau Coal lakukan. Terutama melakukan pembinaan, peningkatan kualitas SDM, dalam sektor pendidikan, hingga membantu penguatan ekonomi di kampung binaannya,” tuturnya.

Simak juga video pilihan berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat

Ketua YDBBC, Horas Parsaulian Pardede mengatakan, melalui program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat, PT Berau Coal berkomitmen mendukung program Pemkab Berau dalam berbagai pilar, terutama fokus kepada pilar pendidikan dan ekonomi. Hal ini dilakukan, untuk mencetak SDM yang siap kerja dan mendorong geliat peluang ekonomi masyarakat.

Horas menjelaskan, pengembangan SDM merupakan hal yang prioritas, termasuk mendukung pengembangan pendidikan vokasi. Hal itu sejalan dengan keberadaan Politeknik Sinar Mas Berau Coal yang didirikan untuk menyiapkan tenaga kerja lokal di daerah agar memiliki keahlian di bidangnya dan mampu bersaing secara global.

Di tahun ke lima Politeknik Sinar Mas Berau Coal berdiri, total penerima beasiswa PT Berau Coal sudah mencapai 172 mahasiswa.

“Melalui Yayasan Dharma Bhakti Berau Coal, kami memberikan beasiswa untuk mendukung proses belajar mahasiswa. Hal ini sebagai bentuk kontribusi PT Berau Coal dalam mendorong semangat belajar dan mewujudkan pendidikan yang merata,” terangnya.

Terkait penyerahan bus transportasi, sambung Horas, dukungan transportasi sekolah selama ini diubah guna mendorong kemandirian ekonomi kampung dengan penyediaan bus yang akan dikelola oleh BUMK.

"Sebenarnya ada 4 yang sudah kami serahkan di tahun lalu jadi sebenarnya totalnya 20 unit bus yang kami berikan tahun ini. Bus ini akan digunakan untuk mendukung transportasi pelajar di kampung-kampung dampingan," katanya.

Mewakili Berau Coal, Horas juga mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan dukungan yang baik dari Pemerintah Kabupaten Berau dan seluruh stakeholder yang ada. Sehingga, kegiatan program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat di semua sektor berjalan lancar.

“Melalui penyerahan beasiswa dan bus BUMK, merupakan wujud komitmen PT Berau Coal dalam mendukung pendidikan di Kabupaten Berau, yang muaranya nanti juga dapat mengerakkan perekonomian,” tuturnya.

3 dari 3 halaman

Keperluan Kampung

Sementara itu, Kepala Kampung Tumbit Dayak, Achmad Jamlan mengaku sangat berterima kasih. Tentu pihaknya akan memanfaatkan secara baik bus itu untuk keperluan kampung, sebagai pendukung BUMK dalam meningkatkan perekonomian.

"Khususnya untuk mobilisasi para pelajar. Apalagi terjamin baik segi keamanan dan keselamatan saat antar jemput anak sekolah," tutur Achmad Jamlan, sebagai salah satu pihak kampung yang menerima bantuan bus dari PT Berau Coal.

Terpisah, mahasiswa Politeknik Sinar Mas Berau Coal, Yoga Prasetya, yang menjadi salah satu penerima beasiswa dari Berau Coal, juga mengucapkan terima kasih. Berkat beasiswa tersebut, dirinya menjadi lebih fokus kuliah.

Sebagai mahasiswa, tentu yang menjadi persoalan adalah biaya kuliah. Dirinya pun mengaku senang menjadi peserta yang beruntung mendapatkan beasiswa dari Berau Coal. Dirinya berharap, di tahun mendatang, beasiswa serupa dapat kembali dilanjutkan.

“Alhamdulilah, adanya beasiswa ini, saya kurang memikirkan biaya lagi. jadi lebih fokus untuk belajar. Terima kasih yang sebesar-besarnya saya sampaikan kepada PT. Berau Coal, yang sudah membantu,” ungkap mahasiswa asal Kelurahan Gunung Panjang itu.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Berau Hardiansyah melalui Sekretaris Umum Muhammad Muchsin mengapresiasi program peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang selama ini telah dilakukan PT Berau Coal melalui Yayasan Dharma Bhakti Berau Coal.

Muchsin mewakili pengurus DPD KNPI Berau sangat mengapresiasi, menyambut baik dan berterima kasih kepada PT Berau Coal yang selalu berpartisipasi dalam peningkatan kualitas masyarakat Bumi Batiwakkal.

Menurutnya, PT Berau Coal juga telah berkomitmen dengan Pemkab Berau dan berbagai organisasi baik organisasi masyarakat, kepemudaan maupun organisasi lainnya untuk bersama membangun Kabupaten Berau menjadi lebih baik lagi di masa yang akan datang.

“Komitmennya sudah jelas, tinggal kita harus bantu dan bersinergi dengan PT Berau Coal agar lebih baik lagi ke depannya,” kata Muchsin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.