Sukses

31 Kasus Probable Covid-19 Omicron Terdeteksi Masuk ke Sulut

Sebanyak 31 kasus probable Covid-19 Omicron sebagian besar adalah pelaku perjalanan.

Liputan6.com, Manado - Satgas Covid-19 Provinsi Sulut memberi peringatan kepada semua masyarakat untuk lebih waspada menjaga diri. Apalagi saat ini tercatat ada 31 kasus probable Omicron yang masuk ke Sulut.

“Dalam satu minggu terakhir, deteksi kasus Covid-19 dengan PCR maupun RDT antigen menunjukan peningkatan kasus,” kata Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Sulut dr Steaven Dandel, Kamis (28/1/2022).

Dandel mengatakan, kasus yang terdeteksi berasal dari pelaku perjalanan udara domestik, internasional, dan juga terdeteksi kasus lokal. Situasi ini memberi gambaran terkait transmisi Covid-19 Omicron.

“Oleh karena itu Satgas Penanganan Covid-19 Sulut terus memperkuat testing, tracing, dan treatment, serta mengimbau masyarakat memperketat prokes dan mendapatkan vaksinasi lengkap,” kata Dandel.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pelaku Perjalanan

Dandel mengungkapkan, saat ini ada 31 kasus probable Omicron di mana sebagian besar adalah pelaku perjalanan. Penanganannya, untuk yang perjalanan internasional, kontak eratnya dikarantina selama 7 hari di hotel karantina.

“Karantina ini agar memudahkan kita melakukan pemantauan dan pengawasan, sehingga bisa mencegah transimisi lokal di Sulut,” kata Dandel.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    COVID-19 omicron

  • Sulut

  • Omicron di Sulut