Sukses

Bupati Bonebol Minta Masyarakat Jangan Hanya Berharap Bantuan Pemerintah

Kabupaten Bone Bolango (Bongbol) yang terletak di ujung timur Provinsi Gorontalo saat ini melaksanakan hari ulang tahun (HUT) yang ke-19.

Liputan6.com, Gorontalo - Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) merupakan kabupaten yang terletak di ujung timur Provinsi Gorontalo, dan tahun ini merayakan hari jadinya ke-19. Tentu banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh pemerintah, terutama dalam menurunkan angka kemiskinan.

"Usia yang ke-19 ini, banyak hal yang harus kita kerjakan dengan serius di antaranya menurunkan angka kemiskinan, meningkatkan ekonomi rakyat, menciptakan lapangan pekerjaan, dan memperbaiki layanan publik," kata Bupati Bone Bolango Hamim Pou, Kamis (27/01/2022).

Tetapi kata Hamim, masyarakat jangan hanya berharap bantuan dari pemerintah saja. Menurutnya, hal tersebut bukan solusi untuk mengurangi jumlah kemiskinan di Bonebol.

Sebab, bantuan hanya membuat warga menjadi tidak produktif dan tidak lagi mandiri. Masyarakat hanya terus berharap bantuan dari pemerintah saja meskipun bantuan sosial kerap kali diberikan pemerintah Bonebol.

"Menurut evaluasi kami, bantuan ini tidak memberi dampak signifikan terhadap turunnya angka kemiskinan. Padahal sudah berbagai bantuan yang kami berikan," kata Hamim.

Hamim menjelaskan, dirinya perlu melakukan dua hal yang menjadi fokus kerjanya ke depan, yakni membangun infrastruktur secara masif dan melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

"Jika masyarakat telah mandiri, tentunya mereka tidak akan lagi berharap bantuan dari pemerintah dan itu merupakan tantangan terbesar untuk saya," ungkapnya.

Berbagai kebijakan dilakukan guna menekan angka kemiskinan tersebut. Hamim menyampaikan, dirinya telah berkunjung ke seluruh wilayah di Bonebol hanya untuk mengkoordinasikan usahanya menurunkan kemiskinan.

“Di usia ke-19 Kabupaten ini, saya berkeliling ke seluruh wilayah untuk mengkoordinasikan dalam menurunkan kemiskinan,” tuturnya.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.