Sukses

Cara Ringkas Warga Bonebol Bayar Pajak Tanpa Antre

Hari Ulang Tahun (HUT) ke-19 Pemerintah Kabupaten Bone Bolango (Bonebol), kembali membuat terobosan dalam hal Digitalisasi Transaksi Pemerintah Daerah lewat e-Bonebol Card.

Liputan6.com, Gorontalo - Hari Ulang Tahun (HUT) ke-19, Pemerintah Kabupaten Bone Bolango (Bonebol), kembali membuat terobosan dalam hal Digitalisasi Transaksi Pemerintah Daerah lewat e-Bonebol Card.

E-Bonebol card adalah sebuah alat transaksi yang berbentuk kartu uang elektronik bekerja sama dengan perbankan lokal yakni Bank Sulut Gorontalo (BSG).

Kartu elektronik ini dapat digunakan dalam melakukan pembayaran Pajak Daerah, Retribusi Daerah, termasuk Retribusi Wisata dan Retribusi yang ada hubungannya dengan pelayanan publik.

Tidak hanya itu, kartu ini bisa digunakan untuk melakukan transaksi belanja di merchant, baik di mal, Alfamart, Indomaret, dan retail lainnya.

Ketua Harian Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Ishak Ntoma didampingi Sekretaris TP2DD Iwan Mustapa mengatakan, inovasi e-Bonebol card merupakan upaya dari Tim TP2DD Kabupaten Bone Bolango sebagai bagian dari mewujudkan tata kelola pemerintah pada era digital.

"Ini merupakan inovasi terbaru di Kabupaten Bonebol dalam melakukan transaksi digital," kata Ishak.

Dia menjelaskan, lewat e-Bonebol card, nantinya masyarakat dapat melakukan pembayaran pajak di mal pelayanan publik (MPP) ataupun tempat pembayaran lainnya.

Sementara itu Bupati Bonebol Hamim Pou mengaku, jika kartu e-Bonebol bisa juga digunakan untuk pembayaran pintu masuk tempat wisata serta Retribusi lainnya.

"Jadi kartu ini serbaguna dan pelayanannya pun secara digital. Pokoknya soal bertransaksi di Bonebol sudah mudah," kata Hamim.

Bahkan, kata Hamim, e-Bonebol Card ini nantinya akan dikemas dengan paket-paket diskon atau keringanan pajak Retribusi. Sehingga diharapkan dapat menarik masyarakat untuk menggunakan dan bertransaksi dengan kartu ini.

"E-Bonebol Card tersedia dan bisa didapat di kantor BSG ataupun konter-konter penjualan lainnya. Besar harapan kami seluruh masyarakat dan memanfaatkan dan terbantu dengan layanan ini," tandas mantan jurnalis SCTV itu.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.