Sukses

8 Tips Aman dan Nyaman Berkendara dengan Transportasi Online di Bandung

Transportasi online memang sangat memudahkan.

Liputan6.com, Bandung Transportasi online atau daring memang sangat memudahkan banyak orang. Namun kadang menggunakan transportasi daring pun membuat perasaan kurang nyaman, mengingat beberapa tindak kejahatan melibatkan transportasi online.

Selain itu, meski keberadaan transportasi online sudah diterima oleh banyak orang, namun masih juga ada beberapa wilayah yang menolak kehadiran transportasi online. Seperti beberapa wilayah yang ada di Bandung.

Tentu saja kondisi ini membuat khawatir. Namun ada beberapa tips berkendara dengan transportasi online yang bisa dilakukan demi kenyamanan dan keselamatanmu saat berkendara dengan transportasi online, baik itu ojek maupun taksi.

Selain di Bandung, kamu juga bisa mengikuti tips berkendara dengan transportasi online di kota mana pun kamu berada. Nah, berikut adalah delapan tips berkendara menggunakan transportasi online yang sudah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips

1. Non Atribut

Kamu perlu mengetahui beberapa wilayah zona merah di Bandung. Jika tak begitu paham, biasanya driver akan memberitahumu kalau daerah tujuanmu adalah terlarang bagi transportasi online.

Jangan khawatir, jika drivermu menggunakan atribut lengkap, kamu bisa memintanya untuk membalikkan jaket yang digunakan driver. Kamu juga bisa meminta driver untuk menyembunyikan handphone di dalam saku jaket.

2. Bawa Helm Sendiri

Tips berkendara dengan transportasi online berikutnya adalah, sebaiknya kamu menggunakan helm sendiri. Selain lebih bersih, kamu dan kendaraan online yang ditumpangi bisa lebih mudah masuk ke zona-zona terlarang.

3. Jangan Tidur

Waspada selama perjalanan menggunakan transportasi online adalah langkah bijaksana saat kamu berkendara menggunakan transportasi online. Selelah apapun kamu, sebaiknya tetap terjaga sampai kamu tiba di tujuan dengan selamat.

4. Cashless Lebih Aman

Pastikan saldo untuk kebutuhan berkendara dengan transportasi online mencukupi. Pembayaran non tunai bisa lebih aman karena kamu tak perlu bersentuhan langsung dengan driver. Selain itu, tentunya ini juga lebih aman jika tujuanmu adalah kawasan terlarang untuk transportasi online.

Transaksi dengan menggunakan uang tunai bisa sangat mencolok perhatian, terutama untuk para ojek pangkalan.

3 dari 3 halaman

Tips Berikutnya

5. Pastikan Nama Driver, Jenis Kendaraan, dan Platnya Sesuai Aplikasi

Ini merupakan hal dasar yang perlu kamu lakukan saat akan berkendara dengan transportasi online. Pastikan nama driver, jenis kendaraan, dan platnya sesuai dengan yang ada di aplikasi demi keamananmu selama berkendara.

6. Informasikan Kepada Keluarga dan Teman Terdekat

Kamu bisa menginformasikan kepada keluarga dan teman-teman tentang keberadaanmu di transportasi online. Bagikan kepada mereka, identitas driver, jenis kendaraan, dan juga platnya.

Atau kamu bisa membagikan status lokasimu selama berkendara kepada anggota keluarga atau temanmu.

7. Simpan Barang Berharga di Dalam Tas

Langkah dasar menggunakan transportasi umum maupun online adalah menyimpan semua barang berharga dalam tas, dan sebaiknya tidak dikeluarkan selama perjalanan. Mengeluarkan barang berharga selama perjalanan hanya akan mengundang tindak kejahatan.

8. Pastikan Handphone Tetap Menyala

Jangan sampai handphonemu dalam keadaan mati saat berkendara menggunakan transportasi online. Tentunya, kamu bisa langsung menghubungi orang terdekat jika ada indikasi kejadian-kejadian aneh selama berkendara.

Itulah 8 tips berkendara dengan transportasi online yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

Penulis: Mega Dwi Anggraeni

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.