Sukses

Bantu Jual Lukisan di NFT, Ridwan Kamil: Cara Baru Sejahterakan Seniman

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyerahkan uang hasil penjualan lukisan yang penjualannya ia bantu lewat NFT.

Liputan6.com, Bandung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyerahkan uang hasil penjualan lukisan yang penjualannya ia bantu lewat NFT (Non-Fungible Tokens) Opensea milik penjual lukisan di kawasan Braga, Kota Bandung.

Emil, sapaannya, menggunakan akun Opensea miliknya menjual lukisan kaligrafi milik Solihin yang laku seharga 0,09 ETH atau setara dengan Rp4,2 juta. Padahal lukisan tersebut biasa dijual di Jalan Braga, secara langsung seharga Rp500 ribu-Rp1 juta.

"Sesuai janji bahwa eksperimen menjual lukisan di NFT ternyata berhasil, yang biasanya dijual Rp500 ribu sampai Rp1 juta sekarang laku Rp 4,2 juta," kata Emil, Selasa (25/1/2022).

Beberapa hari sebelumnya, Emil mendatangi lapak lukisan milik Solihin untuk menawarkan menjual lukisannya di NFT. Emil mengatakan, penjualan barang melalui digital khususnya NFT merupakan cara baru yang terbukti berhasil.

Bila cara tersebut banyak dilakukan para penjual lukisan, ia meyakini kesejahteraan seniman akan meningkat. "Inilah cara baru dalam menyejahterakan seniman atau pelaku seni bahwa cara menjual lewat platform digital NFT sangat menjanjikan," ujarnya.

Emil berharap para seniman lainnya dapat mengikuti cara penjualan yang dilakukannya. "Mudah-mudahan cerita di Braga ini menjadi inspirasi, tolong sampaikan supaya mereka mengikuti ini," cetusnya.

Pihaknya pun akan menyusun langkah-langkah untuk membantu pembuatan akun Opensea dengan pihak terkait bagi para pedagang yang memang cukup sulit bila dilakukan sendiri.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan di Bandung

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.