10 Cara Sederhana Mengusir Lipan

Oleh Liputan6.com pada 26 Jan 2022, 18:00 WIB
Diperbarui 26 Jan 2022, 18:00 WIB
[Bintang] Pakai Lensa Makro, Ini 10 Gambar yang Belum Pernah Kamu Lihat!
Perbesar
Taring racun dari lipan. (Via: boredpanda.com)

Liputan6.com, Bandung Bingung cara mengusir lipan di rumah? Jangan khawatir ada banyak cara untuk mengusir serangga yang satu itu. Namun yang paling utama adalah, usahakan untuk membuat kondisi rumah jauh dari lembab dan basah.

Sekilas, lipan memang tampak menyeramkan karena tubuhnya yang panjang dilengkapi dengan kaki yang banyak untuk membuatnya bergerak cepat. Meski begitu sebenarnya lipan dapat membantu mengendalikan beberapa hama. Biasanya mereka memakan siput dan belatung, cacing tanah dan juga laba-laba yang dapat membantu kompos hingga sangat pro untuk para petani.

Makanya, serangga ini biasanya berada di luar ruangan, mereka menempati bawah kulit pohon, daun, papan, maupun di batu. Namun mereka juga terkadang ditemukan di dalam rumah hingga menimbulkan ketidaknyamanan.

Lipan bisa tertarik pada hal-hal tertentu di dalam rumah seperti kondisi lembab atau terlalu banyak air di dalam rumah. Karena lipan merupakan serangga yang dapat hidup subur di daerah lembab dan basah. Salah satu area rumah yang paling ideal untuk lipan adalah kamar mandi, dapur, dan juga ruang bawah tanah.

Jadi sebelum mengusir lipan dari rumah, pastikan Anda mengetahui kondisi rumah. Kemungkinan lipan masuk akibat ada bagian yang lembap atau tergenang air. Lipan juga akan tertarik masuk ke rumah ketika mereka menemukan sumber makanan yang disukai seperti kutu, lalat, ngengat, kecoa, laba-laba, rayap, juga cacing.

Berikut adalah cara-cara ampuh mengusir lipan dari dalam rumah, seperti yang sudah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara Ampuh Usir Lipan

1. Menjebaknya dengan gelas

Anda bisa dengan mudah menangkapnya dengan meletakkan gelas di atas lipan untuk kemudian melepaskannya di kebun rumah.

Ingat, lipan bukan serangga berbahaya yang tidak menyebarkan penyakit. Mereka juga hidup untuk mengendalikan populasi serangga. Bersikap baiklah dengan memilih tempat yang lembab dan rindang di kebun, di mana lipan dapat melakukan apa yang diinginkan alam: menangkap serangga.

2. Gunakan kipas angin

Cara mengusir lipan dari kamar mandi adalah dengan menyalakan the exhaust fan untuk menyingkirkan kelembapan berlebih dari kamar mandi.

Dengan mengurangi kelembaban, Anda tidak hanya akan mencegah lipan masuk ke rumah, tetapi juga akan menjauhkan hama lain seperti semut dan kecoak dari rumah. Hal ini karena hama ini diketahui masuk ke rumah pada musim kemarau untuk mencari sumber air.

3. Singkirkan sumber kelembapan berlebih di kamar mandi

Karpet kamar mandi dan handuk yang sudah digunakan juga menjadi sumber kelembapan yang berpotensi mengundang lipan bersarang di kamar mandi. Sebaiknya, cuci karpet dan singkirkan handuk dari kamar mandi.

Selain itu, jika memiliki tanaman di kamar mandi sebaiknya rajin dibersihkan karena lipan senang bersembunyi dan berkembang biak di sana.

4. Bersihkan saluran kamar mandi

Mengusir lipan dari kamar mandi juga bisa dilakukan dengan rajin menuangkan setengah cangkir cuka putih dan air mendidih ke dalam saluran air.

Anda juga bisa menambahkan beberapa sendok soda kue untuk menghilangkan makhluk hidup apa pun.

5. Memperbaiki kebocoran air di rumah

Cara mengusir lipan dari rumah juga bisa dilakukan dengan menjaga talang dalam kondisi baik supaya tidak pecah dan menyebabkan kelembapan. Pastikan juga tidak ada puing-puing di dalam rumah yang menjadi sumber kelembapan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Berikutnya

6. Memangkas semak dan batang pohon

Memangkas semak dan batang pohon di halaman rumah juga menjadi salah satu cara mengusir lipan dari rumah. Semak dan pohon dapat membuat kondisi rumah menjadi lebih sejuk dan lembap, hingga mengundang lipan masuk ke dalam rumah.

7. Singkirkan tanaman hias dari dalam rumah

Andajuga bisa memindahkan tanaman hias dari dalam rumah sebagai cara mengusir lipan dari rumah. Karena tanaman hias dan tumbuhan merupakan salah satu sumber makanan lipan.

8. Gunakan cabai rawit

Senyawa alami dalam paprika seperti capsaicin menghasilkan panas yang hebat yang bertindak sebagai penolak alami terhadap serangga termasuk lipan.

Sensasi panas atau dingin yang dihasilkan oleh cabai rawit ini adalah sesuatu yang harus dihindari lipan  dengan segala cara. Oleh karena itu, Anda bisa menaburkan bubuk cabai rawit di semua titik yang berpotensi menjadi tempat masuk lipan ke rumah, sebagai cara mengusir lipan dari rumah.

9. Gunakan dehumidifier

Seperti disebutkan sebelumnya, lipan suka dan berkembang dalam kondisi lembab. Oleh karena itu, salah satu cara terbaik untuk mengusir lipan dari rumah adalah dengan menggunakan dehumidifier di semua tempat lembab di rumah.

10. Minyak cedar

Cara terakhir mengusir lipan dari rumah secara alami adalah dengan menggunakan minyak cedar. Insektisida alami, minyak cedar menyebabkan mati lemas dan dehidrasi osmotik pada lipan.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya