Sukses

Kunjungan ke Muara Enim, Presiden Jokowi Belanja Cabai di Pasar Tradisional

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan uang santunan pandemi COVID-19 ke pedagang di Pasar Baru Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim Sumsel.

Liputan6.com, Palembang - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama para menterinya, melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan (Sumsel), Senin (24/1/2022).

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Sumsel Herman Deru, dan Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Nasrun Umar.

Salah satu lokasi yang dikunjungi yakni ke Pasar Baru Tanjung Enim dan groundbreaking proyek hilirisasi batu bara menjadi dimetil eter (DME) Muara Enim Sumsel.

Di Pasar Baru Tanjung Enim, Jokowi mendatangi beberapa pedagang di pasar tradisional tersebut. Dia berbincang-bincang dengan para pedagang, menanyakan tentang bagaimana hasil penjualan.

Salah satu pedagang yang dihampiri Jokowi, yakni Santi, di Pasar Baru Tanjung Enim Sumsel. Tak hanya menanyakan berapa harga-harga sembako yang dijual Santi, namun mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga membeli barang jualan Santi.

Presiden Jokowi memborong 2 Kilogram (Kg) cabai, yang dibayarnya sebesar Rp 200.000. Tak hanya itu saja, Jokowi juga menyalurkan santunan uang sebesar Rp 1,2 juta ke Santi.

Bantuan sebesar Rp1,2 juta per orang tersebut, diberikan untuk menambah modal para pedagang yang terdampak pandemi COVID-19.

Santi, salah satu pedagang yang menerima bantuan tersebut, mengaku sangat terbantu dengan adanya suntikan modal tersebut. Menurutnya, kondisi pandemi COVID-19 telah menyulitkan dirinya dan teman-teman pedagang lainnya.

“Beli cabai dua kilo, saya dikasih uang Rp200 ribu sama santunan uang Rp1,2 juta. Terima kasih Pak Jokowi," ujarnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantu Pedagang

Uang santunan tersebut, rencananya akan digunakan Santi untuk menambah modal pejualannya. Apalagi dia merasa, pandemi COVID-19 membuat usahanya menurun drastis.

Sama halnya dengan Fitri, pedagang tempe yang juga mendapatkan bantuan. Dia mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan. Baginya, uang tersebut akan dipakai sebagai tambahan modal usaha.

"Buat Bapak Joko Widodo terima kasih sudah langsung datang ke sini, untuk membantu masyarakat untuk menambah modalnya. Terima kasih pak, sudah turun langsung ke sini. Tidak ada yang bisa kami ucapkan selain terima kasih," ujar Fitri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.