Sukses

Rayakan Ulang Tahun Megawati Soekarnoputri, Ini Hadiah dari PDIP Sumsel

PDIP Sumsel menggelar penanaman bibit pohon, dalam rangka memeriahkan HUT ke-49 PDIP dan ulang tahun Megawati Soekarnoputri.

Liputan6.com, Palembang - Tepat pada tanggal 23 Januari 2022 lalu, mantan Presiden RI Megawati Soekarnoputri merayakan hari kelahirannya ke -75 tahun.

Perayaan ulang tahun Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) tersebut, dirayakan PDIP Sumatera Selatan (Sumsel), dengan memberikan hadiah khusus yang sangat bermanfaat.

Ketua DPD PDIP Sumsel M Giri Ramandha N Kiemas mengatakan, hadiah spesial yang diberikan PDIP Sumsel ke putri Bung Karno tersebut, yakni kegiatan penanaman pohon di Kota Palembang Sumsel.

Kegiatan tersebut juga, sebagai bagian dari rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-49 PDIP, yang sudah dirayakan pada tanggal 10 Januari 2022 lalu.

Aksi penghijauan lingkungan tersebut digelar di kawasan Jalan Sungai Lacak RT 21 RW 06 Desa Talang Kemang Kelurahan Gandus Kecamatan Gandus Palembang, Minggu (23/1/2022) lalu.

“Ada sekitar 1.000 pohon yang kita tanam. Inilah yang bisa kami berikan kepada Ibu Megawati Soekarnoputri, dan juga hadiah kepada Ibu Pertiwi, bahwa kita tetap menjaga kelestarian alam,” kata petinggi PDIP Sumsel tersebut, Senin (24/1/2022).

Wakil Ketua DPRD Sumsel tersebut berharap, penanaman pohon tersebut bisa memberikan hasil dan manfaat di tanah Bumi Pertiwi di Palembang Sumsel.

PDIP Sumsel juga mengarahkan seluruh kadernya, untuk melakukan kegiatan yang sama dan serentak di Sumsel.

Berbagai bibit tanaman yang ditanam yakni bibit duren, bibit lengkeng dan mayoritas tanaman buah-buahan.

“Kecuali nanti di beberapa pinggiran sungai ini, akan ditanam pohon kelapa dan pohon-pohon yang bisa menahan abrasi sungai untuk di pinggir areal sungai,” katanya.

Ketua Panitia pelaksana penanaman pohon sekaligus kader PDIP Sumsel, Basroni menjelaskan, kawasan penanaman pohon tersebut juga, akan dijadikan tempat percontohan. Serta jangan sampai hanya menanam saja, tapi juga merawat sampai besar.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ratusan Bibit Pohon

“Ada sekitar 300 batang pohon buah yang telah kita tanam, akan kita pelihara sampai berbuah sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

Di lokasi tersebut juga, dibangun joglo untuk dijadikan tempat pelatihan kader PDIP. Kader-kader PDIP Sumsel yang akan merawat pohon-pohon tersebut.

Dia meminta agar, jangan sampai bibit pohon yang sudah ditanam, tidak dirawat dengan baik dan mubazir.

“Di daerah lain yang sudah ditanam bibit pohon, tidak dilakukan dirawat dan dimakan hama. Akhirnya tidak sesuai dengan ekspektasi kita akhirnya program ini tidak bisa berjalan,” ucapnya.

Kegiatan menanam pohon tersebut, lanjutnya, akan diterapkan semua DPC PDI Perjuangan Se-Sumsel. Yakni dari PAC hingga ke ranting hingga anak ranting, dengan melakukan penanaman pohon seperti tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.