Selamat, UGM Jadi Kampus Terpopuler Tahun 2021 di Media Sosial

Oleh Yanuar H pada 21 Jan 2022, 07:00 WIB
Diperbarui 21 Jan 2022, 07:00 WIB
UGM dan ITS Prediksi Akhir Corona Covid-19 di Indonesia, Ini Penjelasannya
Perbesar
Penjelasan UGM dan ITS soal prediksi akhir Corona Coivid-19 di Indonesia. (Sumber: Merdeka)

Liputan6.com, Yogyakarta - Tahun 2021 banyak kampus yang belum menggelar kegiatan belajar mengajar. Walaupun begitu pemeringkatan universitas Indonesia terpopuler di media sosial versi 4 International College & Universities (4ICU) UniRank 2021 menempatkan Kampus UGM (Universitas Gadjah Mada) pada posisi pertama dalam platform Facebook dan Instagram.

Sekretaris Rektor UGM, Gugup Kismono menyampaikan pencapaian UGM ini merupakan apresiasi atas kinerja yang dilakukan UGM khususnya dalam pengelolaan komunikasi publik melalui media sosial Facebook dan Instagram.

"Peringkat ini menunjukkan popularitas UGM yang cukup baik dari jumlah like Facebook dan follower Instagram," tuturnya, Rabu (19/1/2021).

Dalam pemeringkatan tersebut UGM berada di posisi pertama sebagai perguruan tinggi dengan jumlah like Facebook terbanyak pada Februari 2021 dengan total mencapai 446.257 ribu likes pengguna Facebook. Adapun jumlah rata-rata komentar per unggahan 3.34, jumlah rata-rata share per unggahan 12.68 dan jumlah rata-rata reaksi per unggahan 263.14.

Melalui akun Facebook, UGM secara rutin mengunggah berita-berita terbaru di laman resmi ugm.ac.id. Konten tersebut berupa artikel terkait acara terbaru UGM, edukasi serta ragam tip menarik.

Platform Instagram UGM masuk dalam peringkat tertinggi dengan follower mencapai 781.814 ribu pada akhir April 2021. Sementara itu jumlah unggahan sebanyak 1.545 dengan konten dari edukasi hingga live streaming.

Menurut Gugup, pengelolaan lahan dan media sosial semakin penting bagi institusi untuk pengembangan citra dalam melakukan komunikasi publik. Perkembangan teknologi yang berjalan sangat pesat menuntut setiap institusi termasuk perguruan tinggi untuk cepat merespon dan melakukan penyesuaian diri.

"UGM akan terus bekerja keras dan melakukan perbaikan dengan melibatkan berbagai unit kerja dan mitra untuk mewujudkan pelayanan yang baik bagi stakeholder," jelasnya.

Simak video pilihan berikut ini:

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya