Sukses

Budi Dalton: Kalau dalam Rapat Bahasa Inggris Diterima, Kenapa Logat Sunda Dipermasalahkan?

Budayawan Sunda Budi Setiawan atau yang akrab dipanggil Budi Dalton menyayangkan pernyataan Arteria Dahlan yang meminta agar Kepala Kejaksaan Tinggi pakai bahasa Sunda dalam rapat dicopot.

Liputan6.com, Bandung Budayawan Sunda Budi Setiawan atau yang akrab dipanggil Budi Dalton menyayangkan pernyataan Arteria Dahlan yang meminta agar Kepala Kejaksaan Tinggi pakai bahasa Sunda dalam rapat dicopot.

Menurut Budi, meski belum diketahui maksud dari pernyataan Arteria, ia tetap menilai hal itu tak pantas. Karena termasuk mengungkapkan rasa kebencian dan tidak adanya toleransi antara orang Indonesia yang memiliki perbedaan bahasa dan budaya yang banyak.

Sebagai wakil rakyat, lanjut Budi, Arteria seharusnya mengkritisi persoalan yang ada kaitannya dengan kinerja. "Kalau dalam sebuah rapat bisa menerima istilah Bahasa Inggris, masa dipermasalahkan orang yang ngomong logat Sunda," ujarnya di Bandung, Rabu (19/1/2022).

Lebih jauh Budi mengatakan, penggunaan bahasa daerah wajar digunakan mengingat tidak semua bahasa daerah sudah dialihbahasakan.

"Ada kekuatan bahasa yang tidak bisa dialihbahasakan. Misalnya, pada saat bahasa kita, bahasa Indonesia ini belum lengkap, maka kita mengambil idiom dari bahasa lokal sebagai serapan. Harusnya begitu," tuturnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kontraproduktif

Budi membandingkan kondisi saat ini bahwa tak sedikit pula pejabat yang kerap menggunakan bahasa asing atau bahasa daerah lain dalam rapat.

"Tapi kenapa sekarang entah bagaimana banyak yang mengambil serapan dari bahasa asing. Entah siapa orangnya tapi mereka lebih suka bahasa asing, dan dengan tolerannya itu sudah normal saja (diterima)," ungkapnya.

Budi juga menilai Arteria sebagai sosok anggota DPR dan latar belakang partai yang menaunginya selama ini kerap menggaungkan keragaman. Namun, mempersoalkan jaksa menggunakan bahasa Sunda dalam sebuah pertemuan membuat masyarakat heran.

"Kita sebagai masyarakat sebenarnya mengenal kepartaian beliau. Partai yang sosoknya memperjuangkan keberagaman jadi ini sangat kontradiktif sebenarnya. Jadi ada dua yang dia langgar sebagai anggota dewan apalagi di-backup sebuah partai yang mengusung keberagaman," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Minta Copot Jaksa Pakai Bahasa Sunda

Diketahui, politisi PDIP yang juga Anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan mengeluarkan pernyataan yang membuat masyarakat Sunda geram. Dalam sebuah rapat, Arteria mengkritik seorang Kepala Kejati (Kajati) yang bicara dengan bahasa Sunda dalam rapat.

Tak sampai di situ, Arteria pun meminta Jaksa Agung memecat Kajati yang menggunakan bahasa Sunda itu, karena dikhawatirkan membingungkan peserta rapat.

Adapun Arteria menyatakan itu dalam rapat Komisi III DPR dengan Jaksa Agung di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (17/1/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.