Sukses

5 Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Tahura Dago Bandung

Cukup banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di Tahura Dago.

Liputan6.com, Bandung - Bingung mau apa di Taman Hutan Raya? Jangan khawatir, cukup banyak kok aktivitas yang bisa dilakukan di Tahura, Dago.

Sejak tahun 1980-an sampai sekarang, Tahura masih jadi salah satu tempat wisata favorit di Bandung, lho. Terlebih di sana kita bisa mendapatkan suasana yang agak berbeda, meski jaraknya tidak sampai lima kilometer dari pusat hiruk pikuk Kota Bandung.

Pohon-pohon tua yang rindang menjulang, aroma tanah, udara yang sejuk, dan suara hewan-hewan penghuni pohon, seolah membawa kita berada di alam liar. Meski sekejap, situasi ini kerap dimanfaatkan para pengunjung untuk melepas penat.

Terlebih banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Tahura Dago, mulai dari sekadar jalan berkeliling sembari mengisi paru-paru dengan udara segar, duduk sembari melihat aktivitas monyet-monyet di atas pohon atau jajan di warung sederhana.

Nah, sebelum memutuskan untuk pergi ke Tahura, simak dulu beberapa aktivitas berikut yang bisa kamu lakukan di sana.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Jajan Ketan dan Jagung Bakar

Salah satu aktivitas utama yang bisa dilakukan di Tahura adalah menjelajahi area hutan yang membentang seluas lebih dari 500 hektare. Namun, kalau terlalu malas tapi tetap ingin melepas penat sembari mengisi paru-paru dengan udara bersih, kamu bisa jajan ketan bakar atau jagung bakar yang ada di sana.

Ketan yang dipanggang di atas arang dan disantap bersama sambal dan taburan serundeng bisa jadi makanan paling nikmat sedunia. Atau kamu bisa memesan jagung bakar manis yang biasanya banyak dijajakan di warung-warung sekitar Tahura.

Selain stres hilang, jajan ketan bakar dan jagung bakar juga bisa membuat lidah dan perut senang.

3 dari 6 halaman

Olahraga

Kamu yang berjiwa petualang, bisa mencoba olahraga di Tahura. Kamu bisa melatih otot-otot kaki dengan bersepeda sampai Maribaya atau kamu bisa hiking santai dan mengunjungi beberapa spot wisata yang ada di Tahura sampai Maribaya.

Selain itu, kamu juga bisa jogging santai di sekitar Tahura atau bahkan sampai Maribaya. Apa pun olahraga yang akan kamu pilih di Tahura, siapkan fisik dan pakaian yang nyaman ya.

4 dari 6 halaman

Piknik

Menggelar taplak meja sebagai alas duduk di bawah pohon dan membuka keranjang piknik berisi bermacam bekal dari rumah juga bisa jadi aktivitas yang bisa kamu lakukan di Tahura. Tentunya, piknik akan lebih menyenangkan jika dilakukan bersama keluarga, teman, atau mungkin pacar.

Yang perlu diingat, jangan pernah memberikan makanan yang kamu bawa dari rumah kepada monyet-monyet di penghuni Tahura, ya. Bersihkan sisa-sisa makan sebelum kamu pulang, buang di tempat sampah yang tersedia.

5 dari 6 halaman

Menjelajahi Gua

Kamu yang bernyali besar mungkin bisa mencoba aktivitas yang satu ini. Menjelajahi gua-gua yang ada di Tahura.

Seperti diketahui, salah satu daya tarik Tahura adalah dua gua peninggalan penjajahan Belanda dan Jepang. Kamu bisa menjelajahi lorong-lorong gelap, pengap, dan lembab kedua goa itu berteman senter sewaan atau flash light dari hapemu.

6 dari 6 halaman

Menjelajahi Hutan Menyala

Belum lama ini, Tahura dibuka untuk wisata malam yang disebut dengan Hutan Menyala. Tentunya, kamu akan mendapatkan suasana berbeda ketika menjelajahi Tahura di malam hari. Ada banyak permainan audio visual di Hutan Menyala.

Beberapa area di Tahura juga bertransformasi menjadi tempat petualangan fantasi dengan lampu LED warna warni. Membuat kamu seolah sedang berada di dunia futuristik.

Itu dia beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan saat berada di Tahura. Mulai sekarang kamu tak perlu kebingungan mencari tempat melepas penat. Karena Tahura akan selalu menyambutmu dengan berbagai fasilitasinya.

Penulis Mega Dwi Anggraeni

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.