Sukses

Kota Cirebon Optimis Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Selesai 2 Minggu

Melihat mekanisme dan teknis di lapangan yang dianggap cepat, maka target vaksinasi bisa diselesaikan dalam waktu dua minggu kedepan

Liputan6.com, Cirebon - Upaya meningkatkan kekebalan kelompok anak melalui vaksinasi terus dilakukan. Bahkan, Pemkot Cirebon menargetkan program vaksinasi anak usia 6-11 tahun lebih cepat dari target.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon Agus Mulyadi mengaku sudah melakukan monitoring vaksinasi anak usia 6-11 tahun di sejumlah SD negeri maupun swasta. Hingga saat ini, kata dia, belum ditemukan kendala imbas dari vaksinasi.

"Mudah-mudahan tidak ada masalah dan target vaksinasi lebih cepat dari yang ditentukan tercapai," kata Agus disela memantau kegiatan vaksinasi anak, Senin (10/1/2022).

Dia mengaku optimis dapat mempercepat proses vaksinasi anak Cirebon tahap pertama pada anak usia 6-11 tahun karena secara teknis pemberian dosis vaksin tidak untuk siswa di sekolah tertentu saja.

Agus mengatakan, sebelumnya Forkopimda menargetkan vaksinasi anak tahap pertama selesai dalam empat hari. Namun, dengan mekanisme dan teknis di lapangan yang dianggap cepat, maka target vaksinasi bisa diselesaikan dalam waktu dua minggu.

"Karena itu pelaksanaan secara teknis vaksinasi bisa disatukan di satu sekolah," ujar dia.

Dia optimis, target percepatan vaksinasi anak usia 6-11 tahun tahap pertama bisa selesai 21 Januari 2022. Sementara itu, Agus menyebutkan, hasil monitoring ada beberapa siswa di sekolah Kota Cirebon yang masih enggan divaksin.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Capaian Vaksin

Petugas pun, dengan sabar merayu siswa dan memberi penjelasan kepada orang tua murid agar sang anak mau divaksin. Dia meminta kepala sekolah untuk gencar sosialiasasi kepada orang tua siswa terkait vaksinasi Covid-19.

"Kalau ada yang enggan di vaksin kepala sekolah wajib memberi edukasi bagaimana caranya agar siswa mau di vaksin," ujar dia.

Optimisme mencapai target vaksinasi lebih cepat didukung dengan jumlah vaksin yang masih banyak. Agus menyebutkan, saat ini ketersediaan vaksin di Kota Cirebon sebanyak 60 ribu dosis.

Jumlah tersebut, kata dia, belum termasuk ketersediaan vaksin yang ada di instansi TNI dan Polri wilayah Kota Cirebon. Sementara itu, capaian vaksin anak di Kota Cirebon baru 18 persen.

Dia optimis, jika target percepatan vaksin anak di Kota Cirebon terealisasi. Capaian vaksin Kota Cirebon bisa naik hingga 60 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.