Sukses

Kebakaran Kantor Dinsos Kendari, Dokumen Penting Hangus Kerugian Capai Ratusan Juta

Kebakaran hebat menghanguskan Kantor Dinas Sosial Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Rabu malam (5/1/2022).

Liputan6.com, Kendari - Kebakaran hebat menghanguskan Kantor Dinas Sosial Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Rabu malam (5/1/2022). Selain menghanguskan gedung dan peralatan kantor, data penerima bantuan sosial dan Program Keluarga Harapan (PKH) ikut musnah dilalap api. 

Kepala Dinas Sosial Kendari Abdul Rauf mengatakan, akibat kebakaran, maka semua dokumen penting yang tersimpan di dalam komputer hangus terbakar, termasuk data-data penerima bantuan sosial.

"Barang-barang yang ada berupa dokumen penting semua habis terbakar, seperti komputer, dokumen keuangan, termasuk data penerima Bansos dan Program Keluarga Harapan (PKH)," katanya.

Selain data-data penerima Bansos dan PKH yang tersimpan di dalam file dokumen komputer, api menghanguskan satu unit motor pribadi milik pegawai Dinas Sosial Kendari yang terparkir di kantor tersebut.

Meski hangus terbakar, Rauf mengatakan data-data penerima Bansos dan PKH masih bisa didapatkan kembali karena jauh hari sebelumnya telah dikirim ke pusat.

"Tak perlu dikhawatirkan karena seluruhnya sudah terkirim di pusat dan bisa dipastikan pusat akan mengirim kembali data tersebut. Jadi, tetap aman semua data sudah terkirim ke pusat," ujarnya.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

5 Armada Pemadam Kebakaran

Kantor Dinas Sosial Kota Kendari di Jalan Abunawas Nomor 8 Kelurahan Bende, Kecamatan Kadia, rata dilalap api, sekitar pukul 18.00 Wita.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kendari Junaidin Umar mengatakan pihaknya menerjunkan lima armada pemadam kebakaran dengan 35 personel untuk memadamkan kebakaran Kantor Dinas Sosial setempat.

Tim pemadam kebakaran berhasil memadamkan api sekitar pukul 19.44 Wita.

Kebakaran yang menghanguskan dua Gedung Dinas Sosial ini menjadi tontonan warga sekitar dan viral di berbagai media sosial, seperti grup WhatsApp. Diperkirakan ribuan dokumen penting hangus terbakar.

 

3 dari 3 halaman

Respons Wali Kota kendari

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir telah meninjau kebakaran tersebut. Dia meminta pegawai Dinas Sosial setempat agar tetap melayani masyarakat meski kantor terbakar.

Sulkarnain mengaku prihatin atas terbakarnya Kantor Dinas Sosial setempat pada Rabu (5/1) sekitar pukul 18.00 WITA.

Wali Kota meminta agar Kepala Dinas Sosial Kota Kendari Abdul Rauf segera melaporkan kepada aparat penegak hukum dan menginventarisir kerugian.

Penyebab kebakaran ini belum diketahui. Beruntung tidak ada korban jiwa atas kejadian tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.