Sukses

WNA Diduga Terpapar Omicron Dirawat di Medan, Bobby Nasution: Tunggu Hasil Lab

Wali Kota Medan, Bobby Nasution mengatakan, pihaknya masih menunggu hasil laboratotium dari Balitbangkes Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait Warga Negara Asing (WNA) Irlandia Utara yang diduga terpapar Covid-19 varian Omicron.

Liputan6.com, Medan Wali Kota Medan, Bobby Nasution mengatakan, pihaknya masih menunggu hasil laboratotium dari Balitbangkes Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait Warga Negara Asing (WNA) Irlandia Utara yang diduga terpapar Covid-19 varian Omicron.

"Kami sampaikan betul WNA pasien positif Covid-19 isunya diduga Omicron. Namun di sini kami sampaikan, kami masih menunggu hasil PCR yang sudah dikirim ke Balitbangkes yang ada di Jakarta," katanya, Rabu (5/1/2022).

Menantu Presiden Jokowi itu menjelaskan, pengiriman sampel PCR tes WNA Irlandia Utara tersebut dilakukan untuk mengetahui jenis varian mana yang menularinya. Saat ini, WNA berjenis kelamin laki-laki dan berusia 60 tahun tersebut dalam keadaan baik, dan tidak bergejala.

"Mungkin, salah satu isunya kenapa dibilang Omicron, karena negara asal tujuan pasien ini dari negara yang lagi berkembang kasus Omicron. Belum bisa kita pastikan varian apa," jelasnya.

Bobby menuturkan, masuknya WNA Irlandia Utara tersebut ke Indonesia bukan karena perjalanan wisata. Sebab, WNA tersebut merupakan kru pesawat kargo, yang terbang dari Inggris ke Belgia. Kemudian dari Belgia menuju Singapura.

"Arround di Bandara Kualanamu saru malam, menginap di Hotel Horison. Karena surat PCR-nya kadaluwarsa, diharuskan tes ulang untuk terbang meninggalkan Indonesia. Ketika diaswab hasilnya positif," terangnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sampel Dikirim ke Balitbangkes

Karena hasil PCR tes WNA Irlandia Utara tersebut langsung dikirim ke Balitbangkes, dengan tujuan untuk mengetahui terpapar Covid-19 varian apa, maka WNA tersebut hanya satu hari saja menginap di Hotel Horison.

"Karena bukan tujuannya ke Indonesia, dia mau ke Singapura," Bobby menerangkan.

3 dari 3 halaman

Dirawat di RS Royal Prima

Seorang WNA Irlandia Utara dilaporkan terkonfirmasi positif Covid-19 bergejala varian Omicron. Saat ini WNA tersebut dirawat di Rumah Sakit (RS) Royal Prima, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Sumut, Aris Yudhariansyah mengatakan, WNA Irlandia Utara itu masuk ke RS Royal Prima pada pagi tadi, dan sudah dilakukan PCR tes.

"Dinyatakan positif Covid-19. Belum tahu terpapar varian apa," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.