Sukses

Bobby Nasution Siap Bangkitkan Atletik Sumut

Wali Kota Medan, Bobby Nasution, bertekad membangkitkan dunia atletik Sumatera Utara (Sumut). Terlebih saat ini Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sumut tidak punya nakhoda.

Liputan6.com, Medan Wali Kota Medan, Bobby Nasution, siap membangkitkan dunia atletik Sumatera Utara (Sumut). Terlebih saat ini Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sumut tidak punya nakhoda.

Hal itu terungkap lewat silaturahmi antara Ikatan Mantan Atletik Sumut (Ikama-SU) dengan Bobby Nasution di Balai Kota Medan, Selasa, 4 Januari 2022.

Hadir dari Ikama-SU, Ketua Irwan Pulungan, Sekretaris Teren Dillon, dan Wakil Ketua Lidya Titali. Mereka ini adalah mantan atlet dan juga pelatih di cabang olahraga atletik sebagai pelari yang membela Sumut dan Indonesia.

Pada kesempatan itu, Bobby mempersilakan Irwan Pulungan untuk membuka percakapan. Bobby ingin mengetahui kondisi terkini dari cabang atletik.

Dijelaskan Irwan, saat ini PASI Sumut sedang dalam tidak memiliki ketua umum pascameninggalnya sang ketua September 2021 lalu. Pengurusan sebelumnya juga sudah berakhir pada Desember 2021 dan sedianya sudah boleh menggelar Musprov.

"Musprov mestinya 31 Desember 2021, karena sudah tidak memungkinkan maka bisa kita gelar pada Januari 2022. Kami juga menyampaikan, dari cabang atletik menyumbang tiga medali emas di PON Papua," kata Irwan.

Setelah PON Papua, telah diputuskan Sumut dan Aceh akan jadi tuan rumah selanjutnya pada 2024. Diharapkan dengan nakhoda baru di PASI Sumut kelak bisa menyambut status tuan rumah dengan lebih banyak perolehan medali. Kata Irwan, di ajang PON ada sebanyak 48 medali yang diperebutkan dari cabang atletik saja.

"Kita kekurangan pembinaan terencana. Kita nanti tuan rumah PON, setidaknya harus dapat 10 medali emas. Kita tahu persaingan di atletik sangat ketat dengan dominasi dari pulau Jawa," papar Irwan, yang pernah jadi pelari nasional nomor 800 meter dan 1.300 meter pada 1986-1993.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Besarkan Atletik Sumut

Dengan segala dinamika dan target ke depan yang sangat berat, Irwan mewakili atlet, pelatih, mantan atlet, dan mantan pelatih juga mewakili Pengurus Cabang PASI di seluruh Sumut, dengan kerendahan hati sangat menginginkan Bobby Nasution sudi kiranya turut mengurus PASI dan membesarkan cabang olahraga atletik di Sumut.

"Kami meyakini sosok paling pas untuk menjadi pemimpin PASI Sumut adalah Wali Kota Medan, Bobby Nasution. Kami sangat berharap Pak Wali bersedia," ungkap Irwan.

3 dari 4 halaman

Benahi Fasilitas

Mendengar sejumlah paparan kondisi terkini dunia atletik Sumut, Bobby Nasution dengan mantap bersedia ikut membenahi dan membesarkan dunia atletik Sumut. Pihaknya juga sangat mengharapkan agar pembenahan fasilitas, sarana, prasarana, infrastruktur untuk latihan atlet merata hingga ke seluruh kabupaten kota di Sumut, utamanya jelang PON 2024.

"Sebab sejauh ini fokusnya cuma di Deli Serdang, kan. Kami ingin sarana itu merata, Kota Medan juga siap memberikan tempat agar dibangun sarana atlet untuk berlatih," ucap Bobby, didampingi Kadispora Medan, Pulungan Harahap.

4 dari 4 halaman

Patuhi Regulasi

Menantu Presiden Jokowi itu juga mengatakan, pembangunan sarana dan pra sarana berupa venue bertanding di PON 2024 kelak, juga mestinya segera diselesaikan jauh-jauh hari sebelum PON dibuka.

Dengan begitu, lanjutnya, para atlet Sumut akan lebih biasa dengan venue dan dengan atmosfer sebagai tuan rumah.

"Kalau tidak sama aja kita tidak akan dapatkan atmosfer sebagai tuan rumah, sayang," lanjut suami Kahiyang Ayu.

Terkait dengan keinginan insan atletik yang meminta dirinya bersedia menjadi nakhoda tertinggi di PASI Sumut, Bobby menyatakan siap.

"Insya Allah saya siap. Semua harus sesuai regulasi, jangan ada aturan yang dilanggar. Saya gak mau begitu," Bobby menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.