Sukses

Satu Juta Bibit Ikan Ditebar di Sejumlah Sungai Riau untuk Jaga Ekosistem

PTPN V menebar satu juta bibit ikan di sejumlah sungai di berbagai kabupaten di Riau untuk menjaga ekosistem perairan.

Liputan6.com, Pekanbaru - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) V menyebar satu juta bibit ikan secara serentak di setiap sungai di Provinsi Riau. Kegiatan anak usaha holding PTPN III ini dalam rangka menjaga kelestarian ekosistem perairan di Bumi Lancang Kuning.

Chief Executive Officer PTPN V Jatmiko K Santosa menyebut penebaran bibit ikan ini merupakan langkah konkrit mendukung serta meningkatkan ekonomi para nelayan di sekitar operasional perusahaan. Ada 12 lokasi penyebaran di berbagai kabupaten.

"Mulai dari Kabupaten Kampar, Siak, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Indragiri Hulu hingga Kuantan Singingi," kata Jatmiko, Kamis petang, 30 Desember 2021.

Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Riau ini menyatakan perusahaan yang berdiri sejak 1996 ini, terus berusaha membawa kebaikan kepada seluruh lapisan masyarakat, terutama yang hidup berdampingan dengan perusahaan.

Penebaran bibit ikan ini sendiri merupakan kelanjutan program stimulus ekonomi yang diusung PTPN V selama pandemi Covid-19.

Sebelumnya, dalam upaya memperkuat para nelayan di sekitar perusahaan beberapa waktu lalu, PTPN V mengawalinya dengan menyalurkan bantuan kepada sejumlah nelayan di Riau.

"Bantuan itu berupa modal usaha pengolahan ikan hasil tangkapan serta peralatan bagi para nelayan sungai, harapannya bisa terus memberikan kebaikan kepada masyarakat dan terutama nelayan agar tingkat ekonomi bisa lebih terangkat serta tumbuh bersama perusahaan," imbuh Jatmiko.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berawal dari Sungai

Sungai dan Riau merupakan dua hal yang tak dapat dipisahkan. Ada empat besar sungai yang membelah Riau, yakni Sungai Kampar, Siak, Rokan, dan Indragiri. Peradaban di Riau muncul dan berkembang dari pinggiran sungai dan anak-anak sungai.

Untuk itu, Jatmiko mengatakan perusahaan yang ia pimpin memberikan perhatian terhadap eksistensi ekosistem sungai serta nelayan yang menggantungkan hidup dari sungai-sungai tersebut.

Untuk diketahui, pada tahun 2021 ini PTPN V telah menyalurkan Rp4,4 miliar guna memperkuat perekonomian masyarakat pedesaan sekitar areal perkebunan melalui beragam bantuan pemberdayaan ekonomi.

Salah satu sasaran bantuan yang berasal dari program tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) PTPN V tersebut adalah kelompok nelayan.

Sejumlah nelayan yang biasa menggantungkan hidup dari sungai di Riau menyambut baik program penebaran bibit ikan di sejumlah sungai di Riau tersebut.

Mereka berharap langkah itu mampu memperbaiki ekosistem dan menambah populasi ikan sungai sehingga secara tidak langsung berdampak pada tingkat ekonomi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.